META KONSEP LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SECARA ONLINE

Oleh Alif Wahyudi

Abstrak

masa kondisi Pandemic COVID-19 mengharuskan kegiatan proses belajar dan mengajar di sekolah dirumahkan. Siswa dan guru diharuskan menggunakan media online dalam proses pembelajaran, adanya kebiasan-kebiasaan baru dapat menimbulkan problem dalam penerapan prmbrlajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh penerapan layanan konseling secara online pada masa Pandemic COVID-19. Yang diperoleh bahwa bimbingan kelompok secara online tidak mengurangi esensi yang akan disampaikan sehingga penggunaaan media daring sangat tepat digunakan pada kondisi Covid-19 ini.

Kata Kunci: kecemasan,konseling, daring,pembelajaran,sekolah

Peran Orang Tua Dalam Pembiasaan Praktik Ibadah Anak Usia 5-6 Tahun Selama Belajar dari Rumah di TK ABA Kauman Yogyakarta

Oleh Mery Nurrohmi, Ainun Mardhiyyah, dan Intan Puspitasari

Abstract

During the Covid-19 pandemic, the government told all people to stay at home, so that all daily activities ranging from work to teaching and learning are carried out at home online. This study aims to determine how the role of parents in accustoming worship practices to children aged 5-6 years while the children learn from home. This study used a descriptive qualitative research model with research data collection through observation and interview methods. The research was conducted at TK ABA Kauman Yogyakarta. The research subjects were 15 students. The results of the research from the interview test showed that some parents accustom their children to prayer, namely by inviting their children to pray in congregation, some parents only let their children do not want to pray. The results of my observations in class B3 show that most children pray and recite the Koran when they want to collect daily assignments.

Key Words: Parental War, Worship Practices, Early Childhood

Menyiapkan Pembelajaran Fisika Yang Menarik Di Adad 21 Dan Masa Pandemi Covid-19

Oleh Agung Susilo Bakti, Muhamad Yusni, dan Fajar Fitri

Abstract

The Covid-19 pandemic has an impact on all aspects of life, one of which is education. Turning learning online. This study aims to analyze the media or devices that support learning physics to be interesting in the 21st century and the Covid-19 pandemic. The method used in this research is descriptive method. The subjects in this study were physics teachers and class X MIPA and XI MIPA students at SMAN 1 Pundong, Bantul, Yogyakarta. The results in this study indicate that physics learning is still limited using google classroom. To present an interesting physics lesson, learning with Remote Laboratory is very good to try and apply.

Key Words: Remote Labratory, Physics Learning, Covid-19 Pandemic

Meninjau Kembali Persiapan dan Pengaruh Pendidik dalam Melaksanakanan PJJ Mata Pelajaran IPA (Fisika) Guna Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Belajar Siswa

Oleh Tri Muryani, Arif Malik Khairi, dan Oki Mustava

Abstract

This study aims to determine the preparation of educators and the influence of educators in implementing PJJ in order to increase students’ learning motivation. With the goals and objectives are students who sit in junior high school to be more active in learning physics. This activity will be packaged with Distance Learning using Communication Media. From this research, we can draw a common thread, anything that can make success in motivating students in learning activities during the Covid-19 pandemic. And with this research, it is able to provide an evaluation for several parties who are members of the success of the world of education. The method that will be used is by collecting data and filling out a questionnaire that will be filled in by science subject teachers and students UNY and UAD.

Key Words: Motivation, Educator Preparation, and Online class

HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GOOLE MEET PADA PEMBELAJARAN ASINKRON TEKS DESKRIPTIF TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA

Oleh Desy Nofitasari, Nadya Firda Lestari dan Ikmi Nur Oktavianti

Abstrak

Penelitian kali ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis keefektivan dari penggunaan media Google Meet untuk kegiatan pembelajaran asinkron terhadap keaktifan siswa. Kegiatan dilakukan di sebuah sekolah yang mana berlokasikan di Kota Yogyakarta yaitu  SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta.

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2020. Dalam melangsungkan penelitiannya, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimental yang mana menjelaskan hasil dari penelitian menggunakan data-data yang telah tersedia. Populasi dari penelitian ini adalah siswa dari SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta yang duduk dibangku kelas X. Sampel penelitian menggunakan teknik Cluster Sampling yaitu pemilihan sampling dimana populasi dibagi kedalam kelompok kewilayahan dan kemudian akan dipilih wakil dari tiap-tiap kelompok.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Google Meet pada proses pembelajaran asinkron tidaklah efektif bagi kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang mana menyebabkan ke-pasif an peseta didik selama proses pembelajaran berlangsung. 

Kata Kunci: Pembelajaran Asinkron, Keaktifan peserta didik, Media Google Meet, Respon siswa

Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Kesiapan Pembelajaran Berbasis Daring pada Siswa Kelas XI IPA 5 Mata Pelajaran Biologi SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2020-2021

Oleh Krisna Wiranti, Ambar Kusumaningrum, Ferli Reflika  dan Purwanti Pratiwi Purbosari

Abstract:

Currently the world is being shocked by a very dangerous virus, namely the corona virus or the so-called Corona Virus Disease (COVID-19). One of the impacts of COVID-19 for Indonesia is on the education sector. The impact of COVID-19 on the world of education in Indonesia is that the learning process must change from a face-to-face learning system to bold learning. The purpose of this study was to obtain information related to the Impact of the COVID-19 Pandemic on Online Learning Readiness in Class Xi Ipa 5 Students in Biology Subject at SMA Negeri 2 Bantul. This study used a survey method which was conducted to 36 students. The instrument used in this study was a questionnaire or questionnaire. The results showed that 75% of students’ readiness in learning who answered yes to questions was 75% and those who answered no to questions were 25%. It can be seen that the internet is very important as a means of communication in education.

Key Words: Online Learning, Readiness to Learn

Minat Belajar Matematika Siswa Terhadap Pembelajaran Daring di SMA Negeri 1 Imogiri Bantul

Oleh Nur Anisa Fatonah, Muhammad Yusron dan Sumargiyani

Abstrak:

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui minat, hasil belajar dan respon peserta didik selama pembelaran daring. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Imogiri Bantul. Subjek penelitian ini adalah dua peserta didik dari kelas XI MIPS dan 2 peserta didik dari XI MIPA Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Berdasarkan hasil observasi melalui angket online berupa google form, pedoman wawancara, dan tes tertulis banyak didapatkan peserta didik dengan minat belajar sedang namun hasil belajar yang tinggi yang disesuaikan dengan respon peserta didik yang bagus. Belajar menjadi lebih efektif dan berakibat pada menaiknya prestasi belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran jarak jauh berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik hasil belajar.

Kata kunci: Minat Belajar; Pembelajaran Daring; Pandemi Covid-19

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Akibat Pandemi COVID-19

Oleh Nadya Irdani, Winda Asdy Juniarti, Selvina, Drs. Japen Sarage, M.A

Abstract:

This research was conducted with the aim to find out whether there are ways that can be done to improve learning motivation in online learning due to the COVID-19 pandemic.

This research was conducted using the library research method (Library Research) with data sources taken from several readings such as articles, books and journals from several sources related to the themes discussed. Library research is a study that studies various reference books and the results of similar previous research which are useful for obtaining a theoretical basis for the problem to be studied (Sarwono, 2006).

The results of this study indicate that student learning motivation can be increased in several ways as mentioned in the discussion. This is because these methods are considered attractive so that students can be active in participating in learning, become more creative, and more effective.

Keywords: Covid-19, Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring,Meningkatkan Motivasi, Pentingnya Motivasi

Analisis Kesulitan Siswa Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi SPLTV Dalam Pembelajaran Daring

Oleh Jodi, Fera Yuliana Subekti dan Dwi Astuti

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesulitan yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran daring dan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika pada materi SPLTV. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif secara daring, dengan sasaran siswa kelas X IPS 3  SMA N 1 Pundong, Bantul. Data dimbil dengan cara observasi, instrumen tes kemampuan pemecahan masalah, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) kesulitan aspek bahasa yaitu siswa kurang tepat dalam membaca soal sehingga terjadi kesalahan penafsiran dan sulit memahami bahasa matematika; (2) kesulitan aspek prasyarat yaitu siswa tidak dapat mengidentifikasi apa yang diketahui dan apa yang dicari; (3) kesulitan aspek terapan yaitu siswa tidak dapat menggunakan rumus dengan tepat atau terjadi kesalahan perhitungan dan  rendahnya pemahaman materi prasyarat atau rendahnya pemahaman konsep.

Kata kunci: Kesulitan siswa, masalah matematika, pembelajaran daring.

Belajar Mandiri di Tengah Pandemi

Oleh Ibnu Hidayani, Ardi Sahrul Arizal,Yusron Masduki dan Ariyanto

Abstrak:

Di era reformasi banyak persoalan pendidikan agama yang marak diperbincangkan salah satunya mengenai akhlakul Karimah. Pada pandemi yang terjadi sekitar 8 bulan yang lalu telah mengubah kebiasaan masyarakat, pembelajaran ikut berubah karena tuntutan protokol kesehatan. Siapa sangka pandemi belum juga berlalu, sekolah masih menggunakan daring, guru yang mengajar cenderung kurang efisien terhadap pemahaman siswa. Belajar mandiri dirumah menjadi solusi pada saat ini, namun siswa tidak terlalu diperhatikan atau dipantau oleh orang tuanya, dan cenderung memiliki problem tersendiri di rumah.

Kata kunci: Belajar, Pandemi, Akhlakul Karimah