EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE ClASSROOM DI SMAN 1 BANGUNTAPAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Oleh Citra Trisna Dewi1,  Neo Fadli2, & Farid Setiawan3

Abstrak: Adanya Covid-19 bedampak bagi berbagai sector kehidupan, salah satunya yaitu pelayanan pendidikan. Dalam rangka memutuskan mata rantai penyebaran virus covid-19 ini maka SMA N 1 Banguntapan mengikuti kebijakan dari pemerintah untuk melaksanakan proses pembelajaran secara daring. Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran daring di SMA N 1 Banguntapan dimasa pandemic covid-19, dan untuk meggambarkan pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring di SMA N 1 Banguntapan dengan menggunakan aplikasi google classroom yang didukung oleh aplikasi Whats app untuk memantau kehadiran, dan keaktifan siswa. Kegiatan pembelajaran daring di SMA N 1 BAnguntapan cukup efektif hanya saja siswa merasa bosan dalam kegiatan belajar mengajar. Kreatifitas seorang guru di sini sangat dibutuhkan agar siswa tidak merasa jenuh selama kegiatan belajar mengajar. Pemberian tugas yang seimbang dengan materi yang diberikan juga tidak kala penting agar siswa tidak merasa kewalahan dalam mengerjakan tugas.

Kata Kunci: Covid-19, Efektif, Siswa 

Selengkapnya

  1. Paper Seminar Nasional

PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TEMATIK DI SD MUHAMMADIYAH GONDANGLEGI

Oleh Aulia Savitri Nurhayati 1,  Harina Suharjono2, Sisi Harokah3, Feri Budi Setyawan4

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas I di SD Muhammadiyah Gondanglegi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian ada sepuluh cara yang dilakukan oleh guru dalam menjalankan perannya sebagai motivator. Namun, dari hasil penelitian yang dijelaskan diatas, hanya terdapat delapan cara guru dalam menjalankan perannya sebagai motivator. Maka disimpulkan bahwa guru berperan sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas I di SD Muhammadiyah Gondanglegi, adalah 1) Menggunakan metode yang bervariasi, 2) Menciptakan persaingan/kompetisi, 3) Memberi evaluasi/ulangan, 4) Memberi nilai atau angka, 5) Memberitahukan hasil belajar siswa, 6) Memberi hadiah kepada siswa, 7) Memberi pujian, 8) Memberi hukuman jika tidak mengerjakan tugas.

Kata Kunci: Peran guru, minat belajar

Selengkapnya

1. Paper Seminar Nasional

TINGKAT KEJUJURAN PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN MATEMATIKA SELAMA PJJ (PEMBELAJARAN JARAK JAUH)

Oleh Risma Tri Mawarni1*), Disca Amellya 2, & Suparman3

Abstrak: Pendidikan adalah proses pembelajaran mengembangkan potensi diri untuk menumbuhkan karakter pada peserta didik salah satunya pendidikan kejujuran. Guru berperan menuntun peserta didik dalam tumbuh kembang perilaku budi pekerti peserta didik, terutama perilaku kejujuran. Apalagi di masa pandemi Covid-19 peserta didik menerapkan sistem Belajar Dari Rumah (BDR) yang mana guru tidak bertatap muka dengan peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menganalisis metode pendidikan kejujuran disaat pembelajaran jarak jauh, (2) Diharapkan peserta didik dapat berlaku jujur dalam proses pembelajaran jarak jauh ini. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner berupa Google Form. Data dianalisis dengan studi-studi cross-sectional dan longitudinal yang menggunakan kuesioner atau wawancara terstruktur untuk pengumpulan data, dengan tujuan untuk menggeneralisasi dari sampel menjadi populasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis kejujuran peserta didik SMA Negeri 1 Jetis, tingkat kejujuran dalam setiap proses pembelajaran jarak jauh cukup tinggi.

Kata Kunci: Kejujuran, Pembelajaran Jarak jauh

 

Selengkapnya

  1.  Paper Seminar Nasional

Pengumuman Pemenang Lomba Opini P2K 2020

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pada hari Jumat, 25 September 2020 telah dilaksanakan proses penjurian  Lomba Menulis Opini P2K 2020 Universitas Ahmad Dahlan. Berdasarkan hasil dan keputusan juri, berikut nama pemenang Lomba Menulis Opini  :

Juara NIM NAMA PRODI JUDUL OPINI
1 2000026048 Sulthon ‘Afif Baihaqi Sastra Inggris Semua Orang Boleh Bermimpi, Menggapainya Adalah Pilihanmu
2 2015015020 Valentino Bayu Adi Matematika Salah Satu Jalan Menuju Sukses
3 2000016102 Sheila Deswita Ariyanto Sistem Informasi Semua Tentang Mimpi
Harapan 1 2011003050 Neissaroh Al Mardhiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Langkahkan Kaki Bersama UAD
Harapan 2 2000026079 Safina Rosita Indrawati Sastra Inggris Dari Sini
Harapan 3 2000019061 Dina Sonia Teknik Industri Meraih mimpi bersama UAD
Harapan 3 2000020044 Rizky Amelia Teknik Kimia Kesuksesan Berawal dari Mimpi
Harapan 3 2000029015 Siti Nur Fatimah Ilmu Kesehatan Masyarakat Di Universitas Ahmad Dahlahlah Semua Impian Kita Akan Terwujud
Harapan 3 2000331007 Rasyid Herbanu Indra Saputra Pendidikan Agama Islam (Wates) Kebanggaan Meraih Mimpi
Harapan 3 2000001075 Zerina Qodrian Bimbingan dan Konseling Kugantungkan Mimpi di Universitas Ahmad Dahlan

Selamat kepada para pemenang. Penyerahan hadiah  dihubungi langsung oleh panitia melalui WhatsApp (WA).

 

Yogyakarta, 26 September 2020

ttd

Panitia P2K

Penyaluran Subsidi Pulsa dan E-sertifikat P2K 2020

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Diberitahukan kepada Mahasiswa yang mengikuti kegiatan P2K 2020 dan dinyatakan LULUS sebagai peserta Program Pengenalan Kampus (P2K) Tahun 2020, dan sudah mengisi form Konfirmasi Subsidi Pulsa sampai tanggal 26 September 2020 pkl 23.59 WIB akan mendapatkan :

  1. Subsidi pulsa sebesar Rp 100.000,- yang akan diberikan secara bertahap mulai mulai tanggal 1 Oktober 2020.
  2. E-Sertifikat yang akan didistrubusikan melalui portal masing-masing (informasi distribusi menyusul). Login melalui portal.uad.ac.id, pilih menu Kemahasiswaan -> Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) -> Kolom Pelatihan

Pengumuman kelulusan Program Pengenalan Kampus (P2K) Tahun 2020 Gelombang II akan diinformasikan pada tanggal 8 Oktober 2020.

Program Pengenalan Kampus (P2K) wajib diikuti oleh mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan. Mahasiswa yang dinyatakan tidak lulus pada pengumuman kelulusan akhir Program Pengenalan Kampus (P2K) tahun 2020, wajib mengikuti Program Pengenalan Kampus (P2K) pada tahun depan.

Demikian informasi tentang Subsidi Pulsa dan E-Sertifikat ini kami sampaikan, atas perhatiannya diucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Peserta P2K 2020 Lulus Dengan Tugas Tambahan

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan yang mengikuti Program Pengenalan Kampus (P2K) 2020, bagi mahasiswa yang mengikuti P2K 2020 dan dinyatakan Lulus dengan Tugas Tambahan, wajib  mengikuti Alur Konfirmasi Untuk Kelulusan Peserta P2K Kategori Lulus dengan Tugas Tambahan sebagai berikut

1. Mengirimkan tangkapan layar jumlah sesi yang sudah&belum diikuti dengan membuka laman https://s.uad.id/cekpresensip2k (isikan NIM & Tanggal lahir, kemudian klik tombol ‘cari’,  lanjut  discreenshot)
2. Tangkapan layar tersebut no. 1 di kirim ke laman web https://s.uad.id/P2K2020-TugasTambahan
3. Melengkapi kekurangan presensi di laman web https://s.uad.id/presensiP2K (link ini akan terbuka/bisa diakses pada tanggal 28-29 September 2020)

 

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Protected: Form Konfirmasi Subsidi Pulsa Peserta P2K 2020

This content is password protected. To view it please enter your password below: