EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE ClASSROOM DI SMAN 1 BANGUNTAPAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Oleh Citra Trisna Dewi1,  Neo Fadli2, & Farid Setiawan3

Abstrak: Adanya Covid-19 bedampak bagi berbagai sector kehidupan, salah satunya yaitu pelayanan pendidikan. Dalam rangka memutuskan mata rantai penyebaran virus covid-19 ini maka SMA N 1 Banguntapan mengikuti kebijakan dari pemerintah untuk melaksanakan proses pembelajaran secara daring. Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran daring di SMA N 1 Banguntapan dimasa pandemic covid-19, dan untuk meggambarkan pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring di SMA N 1 Banguntapan dengan menggunakan aplikasi google classroom yang didukung oleh aplikasi Whats app untuk memantau kehadiran, dan keaktifan siswa. Kegiatan pembelajaran daring di SMA N 1 BAnguntapan cukup efektif hanya saja siswa merasa bosan dalam kegiatan belajar mengajar. Kreatifitas seorang guru di sini sangat dibutuhkan agar siswa tidak merasa jenuh selama kegiatan belajar mengajar. Pemberian tugas yang seimbang dengan materi yang diberikan juga tidak kala penting agar siswa tidak merasa kewalahan dalam mengerjakan tugas.

Kata Kunci: Covid-19, Efektif, Siswa 

Selengkapnya

  1. Paper Seminar Nasional