TIM PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA UAD LOLOS PIMNAS KE-36 TAHUN 2023 DI UNPAD

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) adalah kompetisi paling bergengsi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemdikbud Ristek Dikti). Kehadirannya selalu ditunggu-tunggu oleh ribuan tim mahasiswa dari ratusan perguruan tinggi negeri maupun swasta. Kompetisi ini merupakan lanjutan dari Program Kreativitas Mahasiswa pendanaan Kemdikbud Ristek tahun 2023.

Sebelum mencapai tahap lolos Pimnas, tim mahasiswa mengikuti berbagai tahap seleksi yang berjenjang, mulai dari seleksi proposal di perguruan tinggi masing-masing, sampai seleksi proposal di Kemdikbud Ristek untuk memperoleh pendanaan. Setelah lolos pendanaan, tim PKM wajib melaksanakan program sesuai skim yang diikuti selama 4 bulan (Juni-September). Sebelum program selesai, dilaksanakan Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) oleh tim Kemdikbud Ristek untuk memantau hasil pelaksanaan kegiatan, apakah sesuai dengan proposal atau tidak. Pada saat PKP2 tim wajib untuk mempresentasikan hasil pelaksanaan program, menyerahkan laporan kemajuan, mengisi logbook, menyerahkan luaran wajib, serta luaran tambahan. Hasil dari PKP2 dijadikan salah satu dasar apakah tim tersebut lolos atau tidak ke Pimnas.

Alhamdulillah dari 44 tim yang memperoleh pendanaan proposal dari Kemdikbud Ristek, sebanyak 4 tim lolos ke PIMNAS XXXVI yang akan dilaksanakan pada 26 November-1 Desember 2023 di Universitas Padjadjaran Bandung.

Tim yang lolos PIMNAS adalah tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PM), bidang Riset Eksakta (RE), bidang Riset Sosial Humaniora (RSH), dan bidang Video Gagasan Konstruktif (VGK).

Tim Pertama adalah Tim PKM-PM  AVOID Game dari program studi Pendidikan Guru PAUD FKIP dengan Ketua Mita Nurpitasari (PG PAUD), anggota Shalma Risanangta (PG PAUD), Mariana Wahyu Listyati (PG PAUD), Yulia Gesti Merkuri (PPKn), Diah Ayu Praharani (PG PAUD) dengan dosen pendamping Avanti Vera Risti Pramudyani, M.Pd.

Tim Kedua adalah Tim PKM-RE Songgolangit dari program studi Biologi FAST dengan Ketua Aulia Syafadilla Azali, anggota Diah Kartika Wardani, Intan Faya Nurazizah, Annisa Nurrohim dibimbing oleh Haris Setiawan, S.Pd., M.Sc.

Tim Ketiga adalah Tim PKM-RSH Serat Panitisastra dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP dengan Ketua Tim Annisa Fatati Rahmah, anggota Muhammad Khoirun Nashruddin, Reki Kusuma Wardana, Nafisatul Faridah, dengan dosen pendamping Yosi Wulandari, M.Pd.

Sedangkan Tim Keempat adalah Tim PKM-VGK ENZA CARD dengan Ketua Tim Dwi Herdila Cahyani Putri (Hukum), anggota Hidayah Ramadani (Sistem Informasi), Raeyvaldo Dwi Hendriyanto (Teknik Elektro), Muhammad Faiz Irsyad dn Diva Tia Ataya keduanya dari prodi Ilmu Komunikasi serta dosen pendamping Arif Ardy Wibowo, S.Sn, M.Sn.