Pemberitahuan : Pelayanan Bimawa

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Dengan hormat, menindaklanjuti berdasarkan Surat Pemberitahuan Wakil Rektor Bidang Keuangan, Kehartabendaan, dan Administrasi Umum Nomor R.4/1093/G.1/X/2020 tentang Perubahan Tata Ruang, kami sampaikan bahwa Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) akan di pindah ke Ruang Biskom Lantai 9 Sayap Barat Gedung Kuliah Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami sampaikan jadual kepindahan kantor Bimawa, diantaranya :

No Tanggal Kegiatan
1 26 Oktober – 2 November 2020 Pengemasan/Packing Barang
2 2 -7 November 2020 Proses Pindahan & Penataan di Ruang Baru
3 9 November 2020 Pelayanan Normal di Kantor Baru (K4)
*) Jadwal Bisa berubah menyesuaikan situasi & kondisi

Oleh karena itu, kami sampaikan mohon maaf yang sebesar-besarnya karena pelayanan kemahasiswaan akan terganggu selama proses kepindahan tersebut.

Atas perhatian dan permaklumannya, kami ucapkan terima kasih.

 

Wassalamu‘alaikum Wr. Wb.

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni,

ttd

Choirul Fajri, S.I.Kom., M.A.

NIY. 60120720

Lampiran :

Pemberitahuan Layanan Bimawa

STUDI EKSPLORASI PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Oleh: Kiki Widya sari, Ilmatuzzahroh

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendapatkan informasi kendala proses pembelajaran secara daring di rumah akibat pandemic virus corona. Penilitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif untuk mendapatkan informasi dari responden tentang kendala dan pengaruh pandemic COVID-19 terhadapan proses kegiatan belajar mengajar di sekolah SMP Muh 1 Bambanglipuro. Responden untuk penelitian ini adalah siswa-siswi yang duduk dibangku kelas VII AB. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa masih ada beberapa kendala dalam proses belajar secara online seperti minimnya pengetahuan tentang teknologi, tidak memiliki smartphone, mahalnya biaya internet, sinyal yang kurang stabil, hingga persoalan komunikasi antara siswa dan guru yang tidak bejalan dengan baik. 

Kata kunci : Pengaruh Pandemi COVID-19, proses pembelajaran, pendekatan kualitatif

Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Fisika Menggunakan Platform Google Classroom Pada Masa Pandemi di SMA Negeri 3 Bantul

Oleh: Rizqi Ariastika Wulandany, Cintha Ayu Wandira, &Ariati Dina Puspitasari

Abstract:

The existence of a corona virus outbreak that has spread throughout the world, including Indonesia, has had a huge impact, especially in the field of education. The government has been trying to find a solution, namely by implementing a distance learning process. SMA Negeri 3 Bantul is one of the high schools that carries out this process by utilizing the internet network using the google classroom platform. From here the writer wants to know how the student responds to physics learning using the google classroom platform. The method we use in this research is descriptive descriptive where we distribute the respondent’s questionnaire and evaluation questions to several students and then we analyze it. From this analysis, the results obtained 79.03% of students agree that learning physics using the google classroom platform can work well and 80.27% of students can work on evaluation questions of distance learning physics using the google classroom platform correctly.

Key Words: Covid-19, education, effectiveness, physics

ANALISIS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BELAJAR DARI RUMAH (BDR) DI TK ABA NGAMPILAN YOGYAKARTA

Oleh: Siti Bakdiyah, Fitri Hidayanti, Siti Nurkhayatun, & Dewi Eko Wati

Abstrak:

Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) menjadi salah satu alternatif bahan ajar yang banyak digunakan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Pemanfaatan bahan ajar LKPD dapat membantu berjalannya proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah naratif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru di TK ABA Ngampilan Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data informasi pada penelitian ini yaitu melalui wawancara, serta unjuk kerja, Berdasarkan hasil analisis pembuatan LKPD di TK ABA Ngampilan dapat disimpulkan bahwa guru-guru sentra di TK ABA Ngampilan telah mengembangkan bahan ajar berupa LKPD BDR yang digunakan selama proses pembelajaran BDR sesuai dengan kebutuhan siswa berdasarkan STTPA dan kurikulum 2013.

Kata Kunci: Guru, Bahan Ajar, LKPD

Studi Literatur Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak

Oleh: Salma Nabila Maghfira, Nurul Hidayah  & Muya Barida

Abstrak:

Pola asuh orang tua merupakan hal yang mendasar dalam membentuk watak atau karakter seorang anak. Dimana karakter seorang anak sangat mempengaruhi perkembangan anak kedepannya, baik dalam hal social, pendidikan, emosional dan sebagainya. Maka dari itu penting adanya untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh orang tua. Dalam hal ini penulis ingin mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh orang tua terutama terhadap pendidikan anak. Penelitian menggunakan studi literature, hasil penelitian yang didapaatkan dari berbagai jurnal menunjukan pola asuh sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak, khususnya pendididkan. Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua dapat menjadi faktor utama berhasil atau tidaknya anak pada jenjang pendidikan. Diharapkan orang tua dapat mengontrol dan mengawasi anak secara intensif namun tidak over protektif. Hal tersebut dapat dilakukan dengan pola asuh yang positif dari lingkungan keluarga serta menjalin komunikasi dengan pihak sekolah atau lembaga pendidikan yang anak tempuh. Sehingga anak dapat melaksanakan dan menjalani jenjang pendidikan dengan optimal.

Kata Kunci: Pola asuh, orang tua, anak, pendidikan

Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SD Muhammadiyah Domban 3 Tempel

Oleh: Tina Suci Sugiyanti & Asih Mardati

Abstract:

The purpose of writing this article is to describe the learning difficulties of students in the fourth grade Mathematics lesson of SD Muhammadiyah Domban 3 Tempel, Sleman Regency in the academic year 2020/2021 and to describe the factors that cause difficulties in learning Mathematics in grade IV SD Muhammadiyah Domban 3 Tempel, Sleman Regency in the academic year 2020/2021. This study used a descriptive research design. The subjects in this study were all fourth grade students of SD Muhammadiyah Domban 3 Tempel, Sleman Regency, totaling 23 students. The results of this study were 10 students who did not understand when the teacher delivered Mathematics material. The factors that cause difficulty in learning Mathematics for fourth grade students of SD Muhammadiyah Domban 3 Tempel are internal factors, namely students are less motivated and interested in participating in Mathematics while the external factor is that the teacher does not use teaching aids and the methods used are less varied and not innovative. Based on the above results, it can be concluded that the fourth grade students of SD Muhammadiyah Domban 3 Tempel still have difficulty learning Mathematics.

Key Words: Teacher perceptions, online learning, and Covid-19

PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DARING PABP DI SMAN 1 KRETEK

Oleh: Septyan Herta Nugroho, Umaimah Al Khoiriyah & Farid Setiawan

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan, prinsip dan peran teknologi digital dalam kegiatan pembelajaran daring. Disimpulkan bahwa Teknologi digital adalah salah satu produk dari berkembanganya sebuah zaman. Pendidikan yang merupakan salah satu faktor dari perkembangan zaman sudah seharusnya menggunakan produk dari hasil perkembangan tersebut. Penggunaan teknologi digital dalam dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran akan sangat bermanfaat. Dengan memperhatikan prinsip serta penerapan yang tepat, teknologi digital akan menunjang dan menfasilitasi proses pembelajaran sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut bisa tercapai. Dalam penelitian ini akan dibahas secara luas mengenai peran teknologi digital dalam pendidikan, prinsip teknologi digital serta penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran daring.

Kata Kunci: Teknologi Digital, Prinsip Teknologi Digital, Penggunaan Teknologi Digital

PEMBIASAAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI PAUD MELALUI SISTEM BELAJAR DARI RUMAH (BDR) DI TK ABA KARANGKAJEN

Oleh Ninda Rulinting, Vina Widyasari, Adha Ferianisya dan Ega Asnatasia Maharani

Abstract:

The implementation of clean and healthy living habits (PHBS) at the PAUD level is hampered because the children do not learn at school. With the application of the BDR method it is also difficult for schools to assess the habitual behavior of children at home during this pandemic. Therefore, the authors conducted a simple research using qualitative methods in one of the kindergartens in Yogyakarta, namely TK ABA Karangkajen regarding the implementation of PHBS habituation in schools during the pandemic with interview techniques. The results of this study, the authors found that the habituation of PHBS in early childhood education was also adjusted to the pandemic period, namely by getting used to wearing a mask, washing hands cleanly and correctly, keeping a distance, and exercising regularly. The teacher familiarizes him with animated video media and playing activities.

Key Words: PHBS, Early Childhood Education, BDR System. 

EFEKTIVITAS DAN HAMBATAN PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DI ERA COVID-19

Oleh Rema Sya’baniati Khatijah, Evi Anggraeni dan Hendra Darmawan

Abstract:

The impact of Covid-19 requires that the learning system be implemented online. This study will describe the effectiveness and barriers to online-based learning during a pandemic. The purpose of this research is to get an overview of the implementation of online learning, and to find out the effectiveness of online learning and the obstacles experienced and their solutions. The method used is in the form of journal meta-analysis, which is through many kinds of journals related to the effectiveness and barriers of online learning by collecting data and then reviewing and a conclusion is drawn from these various journals. The results showed that online-based learning would be more effective if it fulfilled the essential components of  learning, namely discursive, adaptive, interactive and reflective. The obstacles that occur are due to teacher supervision that cannot be carried out intensively and the possibility of misuse of gadgets by students.

Key Words: Covid-19, online learning, effectiveness, barriers

Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Jogja Belajar (JB) Class Terhadap Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Oleh Atika Sari, Lailatul Maulidiyah, dan Wahyu Nanda Eka

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Jogja Belajar (JB) Class terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ). Populasi pada penelitian ini ialah siswa kelas XII SMAN 1 Piyungan Tahun Ajaran 2020/2021, dengan kelas XII IPA 1 dan XII IPA 2 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan datanya ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1dan siswa kelas XII IPA 2. Berdasarkan hasil penelitian bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran melalui JB Class.

Kata Kunci: JB Class, Keaktifan, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)