International Photography Contest (Kompetisi Fotografi Internasional)

A. NAMA DAN KEGIATAN

International Photography Contest

“Activity During Pandemic”

Sub Tema : Seni & Budaya, Pariwisata, Ekonomi & Bisnis, dan Pendidikan (Art & Culture, Tourism, Economic & Business, and Education)

 

B. SYARAT PESERTA

  1. Peserta adalah Mahasiswa Aktif jenjang Sarjana dan Pascasarjana yang terdaftar dalam perguruan tinggi.
  2. Melampirkan foto selfie beserta KTM / identitas diri.
  3. Setiap peserta diperkenankan mengirimkan maksimal 2 karya foto dengan kategori yang berbeda.
  4. Peserta wajib memahami dan menyepakati seluruh syarat peserta lomba yang sudah tercantum di web dan instagram Bimawa UAD.

 

C. PENDAFTARAN

  1. Setiap peserta mengirimkan karya file asli (belum diedit), karya yang akan dilombakan, serta foto Identitas / KTM dan foto selfie bersama identitas.
  2. Pengiriman karya foto , caption dan foto Identitas / Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) foto selfie bersama identitas paling lambat 30 November 2020, pukul 23.59 WIB.
  3. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengirimkan maksimal 2 karya dengan kategori yang berbeda.

 

D. TIMELINE

No Nama Kegiatan Waktu
1 Sosialisasi Event 5 November 2020 – 5 Desember 2020
2 Pendaftaran dan Pengumpulan Karya 5 November 2020 – 5 Desember 2020
3 Masa Penjurian 6 Desember 2020 – 10 Desember 2020
4 Pengumuman 12 Desember 2020

 

E. MEKANISME LOMBA

  1. Lomba dilakukan secara online.
  2. Peserta mengumpulkan foto dengan caption yang berisi penggambaran kondisi Indonesia dengan tema yang ada.
  3. Pengumpulan file foto dan caption dilakukan melalui link google form ( http://bit.ly/InternationalPhotoContest2020 ), di-upload ke Instagram dengan menandai IG: Bimawa_uad dan menambahkan tagar : #AhmadDahlanInternationalPhotoContest serta menambahkan tagar di bawah ini sesuai dengan kategori lomba yang telah dipilih sesuai dengan tenggat waktu yang ditetapkan oleh panitia.
    • #UADArt&Culture (Art & Culture)
    • #UADEconomy&Business (Economy & Business)
    • #UADEducation (Education)
    • #UADTourism (Tourism)   
    • Example : #AhmadDahlanInternationalPhotoContest #UADTourism
  4. Penilaian dilakukan oleh dewan juri.
  5. Pengumuman mengenai pemenang dipublikasikan melalui akun Instagram BIMAWA (@BIMAWA_UAD)

 

F. SYARAT DAN KETENTUAN KARYA

  1. Karya bebas dari berbagai jenis kamera dalam bentuk file yang dikirimkan melalui google form.
  2. Pengeditan karya hanya sebatas cropping dan pencahayaan.
  3. Karya yang dikirimkan tidak boleh mengandung unsur SARA, Kekerasan, dan
  4. Karya foto yang dikirimkan mempunyai sisi minimal terpanjang 2000 Pixel, atau resolusi minimal karya adalah 300 dpi (ukuran upload).
  5. Foto merupakan hasil karya dalam kurun waktu 1 Maret 2020 – 4 Desember 2020 dan belum pernah diikutkan lomba atau dipamerkan sebelumnya.
  6. Dilarang menambahkan watermark pada karya foto yang dikirimkan.
  7. Judul Foto dan Deskripsi foto dikirimkan melalui Link Google Form yang telah diberikan. (Maks. 50 Kata)
  8. Peserta wajib mengirimkan foto asli (belum diedit) dan foto yang akan dilombakan.
  9. Karya yang dikirimkan merupakan karya asli buatan sendiri, bukan meniru atau plagiasi dari karya orang lain.
  10. Karya yang melanggar aturan persyaratan lomba akan didiskualifikasi oleh panitia.
  11. Karya foto harus sesuai dengan tema yang telah
  12. Dengan mengikuti keikutsertaan dalam lomba ini, peserta telah dianggap menerima dan menyetujui seluruh perysaratan yang berlaku.

 

G. MEKANISME PENILAIAN

  1. Dari seluruh karya yang masuk, dilakukan penilaian oleh juri fotografi, dan juri akan memilih 5 finalis juara dari setiap kategori yang ada.
  2. Sesi penjurian akan dimulai mulai tanggal 6 Desember sampai dengan tanggal  10  Desember 2020.
  3. Setelah masa penilaian selesai, total nilai dari beberapa elemen akan dijumlahkan untuk mendapatkan 5 finalis lomba dari setiap kategori.

 

H. PENGUMUMAN PEMENANG

  1. Seluruh hasil karya yang masuk, juri akan menentukan dan memilih 5 foto terbaik dari setiap kategori yang telah ditentukan berupa :
    • Juara 1 ( Uang Pembinaan + E-Setifikat )
    • Juara 2 ( Uang Pembinaan + E-Setifikat )
    • Juara 3 ( Uang Pembinaan + E-Setifikat )
    • Juara Harapan 1 ( Uang Pembinaan + E-Setifikat )
    • Juara Harapan 2 ( Uang Pembinaan + E-Setifikat )
  1. Keputusan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  2. Foto yang sudah dikirimkan menjadi hak milik panitia lomba.
  3. Pemenang lomba akan diumumkan sesuai tanggal yang telah ditetapkan.
  4. Foto terbaik dari setiap kategori akan di pamerkan secara virtual.

 

I. NARAHUBUNG

Mahmud Syahril Kaliky (082122959130) (WA only).

 

Lampiran :

Technical Guide International Photography

Panduan Kompetisi Fotografi Internasional

 

Kesulitan Belajar Matematika Pada Pembelajaran Daring

Oleh Rafika Yuni Rahmawati, Anggie Yudistira Aditya dan Afit Istiandaru

Abstrak: Pandemi covid-19 menimbulkan berbagai macam dampak dalam kehidupan, terutama dalam aspek pendidikan. Pembelajaran jarak jauh yaitu pembelajaran yang tidak melakukan tatap muka secara langsung ini menuntut guru bukan hanya memindahkan pengajaran dari yang berbasis langsung menjadi online, tetapi perlu adanya persiapan seperti halnya pembelajaran secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pada kesulitan belajar peserta didik terhadap pelajaran matematika pada pembelajaran daring (e-learning). Peneliti menggunakan metode penelitian diskriptif. Penelitian ini melibatkan peserta didik SMP/MTs dengan teknik pengumpulan data serta informasinya melalui instrumen non tes yaitu angket respon peserta didik menggunakan Google Form dan subjek penelitian terdiri dari 37 peserta didik. Tanggapan peserta didik berisi 20 item pernyataan yang sebagai penjabaran dari indikator. Dilihat dari rata – rata yang telah tercapai peserta didik terkait kesulitan pada saat belajar matematika pada pembelajaran daring adalah 67,73% dengan memiliki pencapaian terendah peserta didik yaitu pelaksanaan pembelajaran daring sebesar 64,53% dan dapat di lihat pada indikator yang tercapai paling tinggi yang telah tercapai oleh peserta didik adalah proses pembelajaran, interaksi, bahan ajar, media, pemberian tugas, dan evaluasi dalam pembelajaran daring sebesar 69,68% dan pada pengujian validitas dapat di tunjukkan bahwa seluruh item pernyataan valid, hal ini disebabkan oleh rhitung>rtabel. Serta nilai Cronbach Alpha (0,773) > koefisien reliabilitas 0,6. Setelah dihitung menggunakan IBM SPSS Statistics Data Editor.

Kata kunci: Kesulitan Belajar Matematika, E-learning, Pembelajaran Daring

Budaya Belajar Virtual SMA Negeri 1 Srandakan di Tengah Wabah Covid-19

Oleh Fasilatun Khumayroh dan Yanu Anwar Arifin.

Abstrak:

Wabah Covid-19 membawa perubahan di seluruh aspek kehidupan, tidak terkecuali pada pendidikan. Pembelajaran tidak bisa dilaksanakan secara tatap muka seperti yang biasa dilakukan. Sehingga dengan terpaksa pembelajaran harus dilakukan secara virtual untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai-nilai budaya yang diterapkan pada pembelajaran secara virtual di SMA Negeri 1 Srandakan, Bantul, Yogyakarta. Dengan melibatkan pendidik dan peserta didik, dengan atau tanpa tatap muka secara langsung, penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif dengan melakukan observasi lingkungan sekolah, dan wawancara. Dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa budaya belajar virtual di SMA Negeri 1 Srandakan, Bantul, Yogyakarta berkembang sesuai kesepakatan bersama dan diimplementasikan dalam aktivitas keseharian oleh seluruh pihak, baik itu peserta didik, dan pendidik.

Kata kunci: Budaya, Virtual, Covid-19

UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM PEMILIHAN KARIR MENGGUNAKAN TEKNIK SOSIODRAMA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK

Oleh: Ma’rifatul Latifah, Jalu Amalka, Hardi Prasetiawan

Abstrak: 

Perencanaan karir merupakan suatu hal yang menyangkut masa depan seseorang dan harus direncanakan sejak jauh hari. Merencanakan kemana seseorang ingin melangkah dan apa yang ingin dicapai. Tetapi dalam perencanaan karir ini banyak orang yang kurang percaya diri untuk memilih karir yang akan mereka pilih. Maka dari itu agar seseorang tidak salah memilih dia harus menanamkan sikap percaya diri dalam diri mereka sendiri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kajian pustaka. Kajian pustaka diucap pula kajian literature, ataupun literature review. Kajian pustaka merupakan suatu penjelasan ataupun deskripsi tentang literature yang relevan dengan bidang ataupun topik tertentu. Dalam layanan bimbingan kelompok, aktivitas, dan dinamika kelompok harus diwujudkan untuk membahas berbagai hal yang berguna bagi pengembangan atau pemecahan masalah individu (siswa) yang menjadi peserta layanan. Dalam bimbingan kelompok kita dapat menggunakan teknik sosiodrama. Menurut Romlah, Tatiek (2013: 104) sosiodrama adalah permainan peranan yang ditujukan untuk memecahkan masalah sosial yang timbul dalam hubungan antar manusia.

Kata Kunci: Karir, Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama

EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP PEMBELAJARAN SISWA DI SD MUHAMMADIYAH SEMINGIN

Oleh: Verliana Ayunda Wulandari, Erna Fitrianingsih, & Lisa Retnasari

Abstrak:

Pembelajaran jarak jauh merupakan pemnelajaran yang dilaksanakn secara berjauhan dengan menggunakan perantara media yang sudah di tetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran jarak jauh di SD Muhammadiyah Semingin. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan subjek penelitian kelas 2. Hasil yang diperoleh setelah melakukan pengamatan dikelas 2 yaitu pembelajaran jarak jauh kurang efektif dilaksanakan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penelitian bisa mengetahui keefektifan dari pembelajaran jarak jauh di SD Muhammadiyah Semingin.

Kata Kunci: Peserta Didik, Pembelajaran Jarak Jauh

Pembelajaran BDR di TK ABA Ngampilan Yogyakarta

Oleh: Yunari, Danic Kanuriant, Novida, & Dwi Hastuti

Abstract:

The emergency case of the Spread of Corona Virus Disease (Covid – 19) was first reported in the State of Indonesia in March 2020, therefore the Government of the Republic of Indonesia decided to “lock down” all its citizens, all activities can be carried out from home, including education, learning is done online. One of them was carried out by TK ABA Ngampilan Yogyakarta. The approach used in this study uses a phenomenological qualitative approach, which is to reveal what is considered a phenomenon that is happening by means of interview and observation techniques. TK ABA Ngampilan Yogyakarta uses learning techniques from home with one week of giving RPPM (Weekly Learning Plans) using APE and one week later using LKPD.

Key Words: TK ABA Ngampilan Yogyakarta, learn form home, learning process.

Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Fisika

Oleh: Diki Priangga, Gilang Pratama, Iqbal Adi, Ariati Dina Puspitasari, &Fajar Fitri

Abstract:

This study aims to determine students’ perceptions of online learning during the Covid-19 pandemic on student interest in physics.  This research is a survey research that focuses on students’ views of online learning that has been implemented.  The population of the study were all students of SMA Negeri 1 Kasihan.  The research sample was 30 students of class X MIPA SMA Negeri 1 Kasihan who were selected randomly while still considering population homogeneity.  The instrument used in data collection was an online learning questionnaire.  The response data were analyzed using descriptive statistics. Based on the results of student response data, it can be seen that the responses of 30 students showed an average score of 2.03 with a response percentage of 50.65.  In this case, it is included in the category of agreeing to online learning

Key Words: physics;  online learning, covid-19 pandemic

Kendala Dalam Proses Pembelajaran Online (Daring)

Oleh Della Dirga Elfia, Rian Viyanto dan Tri Rini Widiarti

Abstract:

This article discusses problems and obstacles when carrying out learning from home. The aimed of this work to know students problem in online learning. Teachers and students will get used to doing distance learning interactions. Then the problem of the students are difficult in internet access, limited internet quota. Furthermore, this study uses library research to obtain the research result. In this work, data collection was obtained from online journals, online articles, and online news. Then the method in this article uses qualitative descriptive. Moreover, in the online learning process there are still many obstacles faced by students and teachers.

Key Words: Covid 19, online learning, problem in online learning

Canva Sebagai Media Pembelajaran Teks Pidato Persuasif Kelas IX SMP Muhammadiyah Kasihan

Oleh Anisah dan Sawitri

Abstract:

This study aims to determine the feasibility of using Canva learning media in Indonesian subjects, persuasive speech text material for class IX SMP Muhammadiyah Kasihan. The method used in this research is a method, namely Development with the Research Development Research (RDR) model. This method has three main development activities, namely conducting preliminary research, developing product devices, and conducting product effectiveness tests. The results of the research obtained indicate that Canva’s learning media is feasible or valid to be applied in the learning process in schools to increase student interest in the learning process.

Key Words: Canva, Learning Media, Persuasive Speech Texts