Talkshow Nasional “Strategi Adaptasi Mahasiswa di Dunia Kampus”

Sabtu, 08 Oktober 2022, Unit Konseling Sebaya di bawah pengawasan Bidang Pengembangan Karakter dan Kesejahteraan, Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BIMAWA), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Talkshow Nasional dengan tema “Strategi Adaptasi Mahasiswa di Dunia Kampus”. Kegiatan ini diselenggarakan mulai pukul 12.30 hingga 13.30 WIB. Talkshow berskala nasional ini dilakukan secara daring melalui siaran langsung di kanal Youtube BIMAWA UAD Jogja. Kegiatan talkshow ini telah diakses sebanyak 445 kali oleh penonton.

Kegiatan ini dipandu oleh moderator yaitu Hastu Nur Shofiati yang merupakan Konselor Sebaya UAD. Dalam talkshow kali ini mengundang 2 mahasiswa sebagai narasumber yaitu Atik Widyaningrum yang merupakan mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2019 dan Nafa Naili Fauziah yang merupakan mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2020.

Kegiatan talkshow berjalan interaktif dan membahas mengenai adaptasi mahasiswa di dunia kampus. Bermula dari cerita dua narasumber saat awal memasuki dunia kampus dan mengalami culture shock. Di tanah perantauan mereka memulai membiasakan diri untuk hidup mandiri. Dimulai dari adaptasi di bangku perkuliahan, masa SMA dan kuliah mempunyai beberapa perbedaan. Kak Atik menjelaskan bahwasanya di dunia perkuliahan dihadapkan pilihan kegiatan dan pertemanan. Jika dalam proses adaptasi kita kurang bisa menyesuaikan diri maka akan mudah terjerumus hal-hal negatif yang memengaruhi perkuliahan. Lalu, kak Nafa juga menceritakan rasa sedihnya ketika jauh dari orang tua dan adaptasinya ketika awal berkuliah di Jogja.

Kegiatan talkshow ini sangat menarik dan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai strategi adaptasi yang harus dipahami mahasiswa. Di akhir sesi, kedua narasumber memberikan motivasi kepada mahasiswa khususnya angkatan 2022 untuk berproses dalam penyesuaian diri di dunia kampus, perbanyak aktivitas bermanfaat, pilih teman yang mengajak dalam hal kebaikan, dan jangan sia-siakan masa muda. Talkshow hari ini mengingatkan kepada kita semua untuk senantiasa melibatkan Allah SWT di setiap langkah proses perjuangan, karena sebuah kesuksesan studi yang kita raih tidak terlepas dari anugerah Allah SWT.