Talkshow “Learning Agility untuk Mendukung Sukses Studi Mahasiswa”

Jumat, 19 Juli 2022, Unit Konseling Sebaya di bawah pengawasan Bidang Pengembangan Karakter dan Kesejahteraan, Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BIMAWA), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Talkshow dengan tema “Learning Agility untuk Mendukung Sukses Studi Mahasiswa”. Kegiatan ini diselenggarakan mulai pukul 13.00 hingga 14.00 WIB. Talkshow dilakukan secara daring melalui siaran langsung di kanal youtube BIMAWA UAD Jogja. Kegiatan talkshow ini telah diakses sebanyak 153 kali oleh penonton streaming youtube.

Kegiatan ini  dipandu oleh moderator yaitu Alivia Eka Arianti yang merupakan Konselor Sebaya UAD. Dalam talkshow kali ini mengundang narsumber yaitu Bapak Muhammad Hidayat, S.Psi., M.Psi., Psikolog yang merupakan dosen program studi psikologi UAD. Beliau juga merupakan seorang trainer dan asesor yang berpengalaman, yang telah memiliki sertifikasi SSP (Surat Sebutan Psikolog) dan SIPP (Surat Ijin Praktik Psikologi).

Kegiatan talkshow berjalan interaktif dengan adanya beberapa contoh kasus dari permasalahan yang sering dialami mahasiswa. Pak Dayat mengajak peserta untuk berinteraksi menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut sesuai dengan dirinya masing-masing. Alternatif jawaban yang diberikan inilah yang menjadi pemantik awal penyampaian materi beliau. Pak Dayat menyampaikan bahwa learning agility merupakan kelincahan seseorang dalam melakukan studi akademik. Ciri-ciri mahasiswa yang memiliki learning agility yang baik terdiri dari empat aspek yaitu people agility, result agility, mental agility dan change agility. Keempat aspek ini berkaitan satu sama lain untuk dapat mencapai sukses studi mahasiswa.

Kegiatan talkshow ini bertujuan untuk memberikan pengenalan dan pemahaman kepada mahasiswa mengenai learning agility yang penting dimiliki oleh mahasiswa. Adapun kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengembangkan learning agility ini dengan mengikuti organisasi, proaktif untuk mencari informasi-informasi, mengikuti pelatihan dan seminar serta memiliki target studi guna mencapai kesuksesan studi. Di akhir Pak Dayat mengingatkan kepada kita semua untuk senantiasa melibatkan Allah SWT di setiap langkah proses perjuangan, karena sebuah kesuksesan studi yang kita raih tidak terlepas dari anugerah Allah SWT.

 

Tonton video talkshow selengkapnya : https://youtu.be/rP8RnOJomaE