PPK Ormawa IMM FAST Kembangkan Konservasi Obat Jawa di Pleret

(16/07) Tim Program Peningkatan Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Sains dan Teknologi (IMM FAST) melakukan penerjunan di Kelurahan Pleret. Dengan mengusung program yang berjudul Kampung Jamu Mataram: Pusat Konservasi dan Augmented Edugames Tanaman Obat Jawa di Kalurahan Pleret.

Widi Pinastika Istirofah selaku ketua tim PPK Ormawa IMM FAST mengatakan, kegiatan yang mereka usung ialah pembangunan pusat konservasi obat, di sana akan dilakukan pemetaan dengan melakukan penanaman bibit dan sampai menjadikan pusat konservasi tanaman obat. Selanjutnya, memperdayakan masyarakat dengan membuat kelompok konservasi tanaman obat dan sekaligus sebagai pemegang seluruh pusat konservasi tanaman obat.

“Terakhir kami akan membangun cafe jamu, nantinya akan ada produk jamu khas dari Mataram. Untuk cafenya akan dikembangkan dan dikelola oleh kelompok konservasi tanaman obat di kelurahan Pleret,” sambung Widi.

Selain itu, Farid Suryanto, S.Pd., M.T selaku dosen pembimbing tim PPK Ormawa IMM FAST mengatakan bahwa, “Harapan saya terhadap tim PPK Ormawa IMM FAST dapat belajar di lapangan dengan situasi yang nyata, sehingga hal tersebut dapat menambah wawasan serta pengalaman mereka, sekaligus dapat meningkatkan kapasitas mereka sebagai personil organisasi selama enam bulan ini.”
Sementara itu, Taufik Kamal, S. Kom., M.C selaku Lurah Pleret menambahkan bahwa, mereka menyambut baik bahwasanya mereka mempunyai cita-cita besar untuk Pleret menjadi kelurahan digital yang mandiri berbudaya, sejahtera, dan agamis.

“Alhamdulillah PPK Ormawa IMM FAST mewujudkan itu dalam bentuk pengabdian, sehingga kami berharap sukses untuk program ini, semoga bermanfaat untuk masyarakat khususnya Kalurahan Pleret,” tutup Taufik.

Reporter: Annisa Maulida Ramadhani