KONSEP KONTEN INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI MARKETING KLINIK KOPI YOGYAKARTA

Oleh: Rizki Darmawan

Abstrak:

Semakin maraknya bisnis kopi di Yogyakarta membuat persaingan antar kedai kopi semakin ketat. Berbagai upaya dilakukan untuk menarik perhatian para calon pelanggan. Saat ini, promosi menggunakan sosial media semakin marak terutama pada sosial media Instagram. Klinik Kopi menyajikan konsep konten yang berbeda dengan coffeeshop lainnya yaitu dengan memberikan informasi dan edukasi pada setiap photo dan caption yang dipost. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep konten Instagram Klinik Kopi Yogyakarta sebagai strategi marketing. Penelitian ini adalah penelitian deskriptof kualitatif dengan subyek penelitian admin Instagram Klinik Kopi dan para pengunjung Klinik Kopi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep konten Instagram Klinik Kopi Yogyakarta adalah berfokus pada lima pola yaitu edukasi, sejarah kopi, sejarah Klinik Kopi, tips manajemen bisnis dan story telling yang memenuhi prinsip AIDA (Attention, Interest, Desire dan Action).  Attention atau perhatian, ketertarikan, keinginan dan keputusan. Perhatian (attention) followers ditarik melalui konten edukasi atau pengetahuan tentang sejarah kopi dan sejarah Klinik Kopi yang secara tidak langsung menggambarkan pofesionalisme Klinik Kopi dalam mengolah dan menyajikan kopi. Adapun Interest adalah mempertahankan ketertarikan yang diciptakan Klinik Kopi adalah dengan menambahkan foto pada setiap postingan sedangkan untuk membangkitkan keinginan (desire) atau minat beli Klinik Kopi berupaya menceritakan sesuatu yang berbeda atau sesuatu yang baru misalkan konten menu kopi untuk anak. Untuk menggerakkan tindakan (action) para followers, Klinik Kopi memberikan pengetahuan seperti pengolahan kopi, pengolahan ampas kopi dan menu kopi ramah anak kepada setiap pembeli yang datang ke Klinik Kopi. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa konsep konten instagram Klinik Kopi sangat baik digunakan sebagai strategi marketing apalagi didukung dengan lima pola konten yang menjadi konsep di postingan Klinik Kopi. Pada akhirnya, lima pola konten inilah yang sukses meningkatkan penjualan Klinik Kopi Yogyakarta.

Kata Kunci: Konsep Konten Instagram, Strategi Marketing