STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK DAENG GANDA RAHMATULLAH DALAM MEMBANGUN PERSONAL BRANDING PADA PEMILU LEGISLATIF DI KABUPATEN NATUNA

Oleh: Sirohudawi

Abstrak:

Pemahaman dan penekanan (personal branding) adalah bagaimana cara para politisi tersebut mampu “memasarkan diri sendiri”.   Daeng Ganda dalam membangun (branding), tentu tidak lepas dari citra politik (political brand) yang berkaitan dengan sosialisasi politik yang dibangun melalui pembelajaran langsung dari pengalaman empirik. Daeng Ganda pada pemilu legislatif di Kabupaten Natuna 2019 membuat sebuah turnamen sepakbola selama masa kampanye sebagai usaha membentuk personal branding. Turnamen sepakbola ini dinilai menjadi salah satu tonggak kesuksesan Daeng Ganda terpilih menjadi anggota legislatif di Kabupaten Natuna 2019-2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan deskriptif. Penggunaan metode deskriptif kualitatif dalam penelitian ini dengan mempertimbangkan tujuan penelitian yaitu mengetahui bentuk personal branding Daeng Ganda Rahmatullah melalui komunikasi politik yang dilakukan. Hasil dari penelitian ini mengambil studi kasus pada saudara Daeng Ganda Rahmatullah dalam pencalonannya sebagai calon legislatif di Kabupaten Natuna melalui delapan konsep pembentukan personal branding yaitu: spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, terlihat, kesatuan, keteguhan, dan nama baik.

Kata Kunci: Strategi, Komunikasi, Politik