EFEKTIVITAS IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI INSTAGRAM SATLANTAS BANTUL SEBAGAI MEDIA INFORMASI KESADARAN LALU LINTAS

Oleh: Feggy Hentrisa

Abstrak:

Iklan layanan masyarakat merupakan salah satu produk yang dihasilkan Humas Polres Bantul guna menghimbau masyarakat agar senantiasa menaati aturan lalu lintas. Efektivitas iklan layanan masyarakat bergantung pada apakah responden mampu memahami, mengingat, terpengaruh oleh pesan yang disampaikan dan tentu saja pada akhirnya menerapkan apa yang sudah dianjurkan dari pesan tersebut di kehidupan sehari-hari. Iklan layanan masyarakat yang diteliti adalah versi “KKN Di Desa Tertib Lalu Lintas”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas iklan layanan masyarakat di instagram satlantas bantul sebagai media informasi kesadaran lalu lintas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei kepada followers akun instagram @satlantas_bantul dengan mengambil 100 orang responden. Dimensi yang digunakan untuk mengukur efektivitas variabel iklan layanan masyarakat adalah Empaty, Persuasion, Impact, dan Communication. Dari total skor rata-rata pendapat responden atas pertanyaan yang diajukan didapat hasil EPIC rate sebesar 3,93. Berdasarkan pada gambar posisi keputusan EPIC model menunjukkan bahwa secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa iklan layanan masyarakat di instagram satlantas bantul berada pada skala efektif.

Kata Kunci: Instagram, Efektivitas Iklan Layanan Masyarakat, EPIC Model