POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DRIVER GOJEK “PAGODJA” PAGUYUBAN GOJEK DRIVER JOGJAKARTA UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS CUSTOMERS DI YOGYAKARTA
Oleh: Arvian Putra Merdeka
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal driver Gojek PAGODJA Paguyuban Gojek Driver Jogjakarta dalam meningkatkan loyalitas customers di Yogyakarta. Dimana di zaman sekarang banyak transportasi online di Yogyakarta. Oleh karena itu PAGODJA selaku organisasi yang mencakup driver Gojek di Yogyakarta dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada customers agar customers loyal terhadap Gojek dengan cara yang sudah diberikan oleh PT Gojek Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memeproleh data mengenai pola komunikasi interperosnal driver Gojek untuk meningkatkan loyalitas customers. Penelitian ini mengambil 12 (dua belas) orang responden yang terdiri dari enam driver Gojek PAGODJA yang berada di daerah Sleman, Jogja kota dan Bantul serta enam customer Gojek yang terbagi di tiga wilayah yaitu Sleman, Jogja kota dan Bantul. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunujukkan komunikasi, layanan Gojek dan Service dari driver PAGODJA dapat meningkatkan loyalitas customer di Yogyakarta. Dari layanan yang diberikan Gojek ditambah service dari drivernya yang baik membuat customer loyal pada Gojek ditengah persaingan bisnis transportasi online.
Kata Kunci: Pola Komunikasi, Driver Gojek, Loyalitas.