POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DRIVER GOJEK “PAGODJA” PAGUYUBAN GOJEK DRIVER JOGJAKARTA UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS CUSTOMERS DI YOGYAKARTA

Oleh: Arvian Putra Merdeka

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal driver  Gojek  PAGODJA  Paguyuban  Gojek  Driver  Jogjakarta  dalam meningkatkan loyalitas customers di Yogyakarta.   Dimana di zaman sekarang banyak  transportasi  online  di  Yogyakarta.  Oleh  karena  itu  PAGODJA selaku organisasi yang mencakup driver Gojek di Yogyakarta dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada customers agar customers loyal terhadap Gojek dengan cara yang sudah diberikan oleh PT Gojek Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memeproleh data mengenai pola komunikasi interperosnal driver Gojek untuk meningkatkan loyalitas customers. Penelitian ini mengambil 12 (dua belas) orang responden yang terdiri dari enam driver Gojek PAGODJA yang berada di daerah Sleman, Jogja kota dan Bantul serta enam customer Gojek yang terbagi di tiga wilayah  yaitu Sleman, Jogja kota dan Bantul. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunujukkan komunikasi, layanan Gojek dan Service dari  driver PAGODJA  dapat  meningkatkan loyalitas  customer di  Yogyakarta. Dari layanan yang diberikan Gojek ditambah service dari drivernya yang baik membuat  customer  loyal  pada  Gojek  ditengah  persaingan  bisnis  transportasi online.

Kata Kunci: Pola Komunikasi, Driver Gojek, Loyalitas.