KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM MEMPERTAHANKAN REPUTASI UNTUK MENGHADAPI PERSAINGAN DI BIDANG KULINER

Oleh: Hebby Ilma Dini

Abstrak:

Komunikasi pemasaran terpadu salah satu peranan penting dalam perusahaan di zaman sekarang ini, komunikasi pemasaran jika dilakukan mampu mempertahankan pelanggan hingga meningkatkan penjualan pada perusahaan. Dengan komunikasi pemasaran proses pemasaran pada perusahaan memiliki cara tersendiri untuk melakukan penjualan. Di kafe kaktus komunikasi pemasaran dilakukan sebagai cara untuk mempertahankan reputasi agar pelanggan terus datang ke kaktus dan ingin kembali lagi ke kaktus. Kafe kaktus merupakan salah satu perusahaan di bidang kuliner yang berada di Yogyakarta. Di Yogyakarta sendiri memiliki berbagai macam kafe yang tersebar di setiap sudut Yogyakarta dengan demikian persaingan semakin ketat, konsumen semakin banyak  memiliki pilihan untuk ke kafe, dengan hal itu kaktus perlu  memiliki cara tersendiri  untuk  terus  mempertahankan  reputasinya  yakni  melalui  komunikasi  pemasaran terpadu. Kajian penelitian menggunakan jenis penilitian deskriptif kualitatif, yang mana penelitian ini membahas  mengenai  komunikasi  pemasaran  terpadu  kafe  kaktus  dalam  mempertahankan reputasi untuk menghadapi persaingan di Yogyakarta. Hasil penelitian ini terlihat bahwa kafe kaktus sudah menggunakan komunikasi pemasaran terpadu namun belum terstruktur, belum melakukan komunikasi pemasaran terpadu secara keseluruhan sehingga masih dianggap kurang efektif.

Kata Kunci: komunikasi pemasaran terpadu, kafe kaktus