EFEKTIVITAS KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY UNTUK MEMPERTAHANKAN REPUTASI PT ANTAM (Persero) Tbk

Oleh: Amelia Rachmawati

Abstrak:

Corporate Social Responsibility merupakan tanggung jawab perusahaan yang wajib dijalankan sesuai dengan peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara No.PER-09/MBU/07/2015 tentang program kemitraan dan program bina lingkungan, yang memiliki sebaran wilayah operasi sampai pelosok daerah yang Sebagian besar masyarakatnya bergantung kepada perusahaan. Tanggung jawab sosial yang memiliki reputasi baik dan dijalankan secara konsisten mampu mempererat perusahaan dan stakeholder. Pada saat melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility harus didukung oleh komunikasi yang baik, sehingga hasil kegiatannya akan lebih efektif. Untuk mengukur keberhasilan kegiatan Corporate Social Responsibility di masyarakat, oleh PT. ANTAM (Persero). Tbk maka perlu dilakukan pengukuran efektivitas kegiatan Corporate Social Responsibility untuk mempertahankan reputasi dengan menggunakan EPIC Model. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat sekitar PT. ANTAM Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor Jawa Barat pada ring 5. Jumlah responden dalam penelitian ini membatasi 300 responden yang dipilih menggunakan metode Simple Random Sampling. Dasar pengukuran keberhasilan efektivitas adalah dengan menggunakan komponen Empathy, Persuasion, Impact, and Communication. Nilai EPIC Rate yang diperoleh adalah 4.20. Nilai tersebut menunjukkan hasil penelitian ini masuk skala efektif. Kemudian, communication merupakan dimensi yang paling tinggi dalam kegiatan Corporate Social Responsibility.

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, PT. ANTAM (Persero). Tbk, Efektivitas, Metode EPIC.