STRATEGI KOMUNIKASI PRESIDEN SUPORTER PSIM TERHADAP ANGGOTA SUPORTER PSIM YOGYAKARTA

Oleh: Maya Widana

Abstrak:

Sepakbola merupakan olahraga yang digemari oleh masyarakat di berbagai belahan dunia termasuk juga di Indonesia, Sebuah pertandingan sepak bola tentunya tidak akan terlepas dari fenomena suporter sepak bola. Salah satunya club bola yang ada di Indonesia adalah PSIM (Perserikatan Sepak Bola Indonesia Mataram) merupakan Club sepak bola yang ada di Yogyakarta. Club sepak bola ini memeiliki wadah organisasi suporter yang bernama Brajamusti. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Presiden Suporter PSIM Yogyakarta, Punggawa, dan Suporter Brajamusti. Sedangkan objek penelitian ini adalah Wisma PSIM Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, kemudian dijabarkan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu wawancara, observasi non-partisipan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa  Presiden  Suporter  PSIM  Yogyakarta telah berkomitmen dalam menerapkan Strategi Komunikasi yang efektif kepada para anggota Suporter. Dalam mengenal khalayak, Presiden PSIM dan DPP melakukan gebrakan “Turbah” atau gebrakan Turun ke Bawah untuk menjalin kedekatan dengan para anggota suporter, anggota suporter PSIM tidak hanya ada di kota Yogyakarta, tapi juga berasal dari kabupaten lain di Daerah Istimewa Yogyakarta  dan juga daerah lain di luar DIY. Dalam konteks menyusun pesan, materi pesan yang disusun adalah pesan yang normatif yang berisi tentang himbauan  agar  para  suporter  tenang  dan  tidak  terprovokasi,  media  yang digunakan untuk menyampaikan pesan adalah melalui verbal maupun media elektronik. Strategi komunikasi yang diterapkan Presiden Suporter PSIM Yogyakarta sudah efektif.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Presiden Suporter PSIM, Suporter PSIM