PENGARUH IKLAN OBAT DIARE DI TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN OBAT SERTA KETEPATAN TINDAKAN SWAMEDIKASI PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA

Oleh: Fitricia Febriyani

Abstrak:

Upaya pengobatan sendiri dikenal dengan istilah self medication atau swamedikasi. Swamedikasi merupakan salah satu upaya yang paling banyak dilakukan oleh seseorang dalam mengatasi gejala sakit yang sedang dideritanya sebelum melakukan konsultasi kepada tenaga kesehatan. Diare adalah penyakit yang sering muncul di DIY pada tahun 2018 berdasarkan data STP puskesmas. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh iklan obat terhadap keputusan pemilihan obat serta ketepatan Tindakan swamedikasi pada masyarakat di Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian yang bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross-sectionl. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode insidental sampling. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh iklan obat terhadap keputusan pemilihan obat diare, dan tidak terdapat pengaruh iklan obat diare di televisi terhadap ketepatan tindakan swamedikasi diare pada masyarakat Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta.

Kata Kunci: Iklan obat; Diare; Swamedikasi