OPTIMASI FAST DISINTEGRATING TABLET EKSTRAK DAUN SALAM DENGAN CROSPOVIDONE DAN CROSCARMELLOSE SODIUM SEBAGAI SUPERDISINTEGRANT MENGGUNAKAN SIMPLEX LATTICE DESIGN

Oleh: Endah Prastyaningrum

Abstrak:

Ekstrak daun Salam (Syzygium polyanthum W.) dalam terapi herbal dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif antihiperlipidemia karena adanya kandungan senyawa flavonoid kuersetin. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui komposisi perbandingan superdisintegrant crospovidone dan croscarmellose sodium yang mampu menghasilkan sifat fisik tablet yang optimum. Pembuatan FDT ini menggunakan metode granulasi basah. Konsentrasi crospovidone dan croscarmellose sodium yang ditambahkan sebagai superdisintegrant adalah sebesar 2%-5%. Hasil uji sifat fisik FDT kecuali (keseragaman bobot, diameter, dan ketebalan) dianalisis menggunakan program Design Expert10.0.1 metode Simplex Lattice Design (SLD) untuk memperoleh persamaan SLD guna mendapatkan formula yang optimum. Data yang diperoleh kemudian dianalisis lebih lanjut dengan one sample t-test dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil analisis dengan one sample t-test menunjukkan persamaan SLD valid digunakan untuk menyusun formula yang memberikan parameter-parameter optimum FDT.

Kata Kunci: Ekstrak daun Salam (Syzygium polyanthum W.); FDT; crospovidone; croscarmellose sodium, Simplex Lattice Design.