Respon dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X terhadap penggunaan google classroom pada materi virus di SMA Kolombo Sleman

Oleh: Kintan Pratiwi, Lisnawati Da’a, Vebynindia, & Arief Abdillah Nurusman

Abstrak:

Pendidikan di masa pandemi COVID-19 telah membuat pembelajaran terganggu, sehingga diperlukan solusi yaitu pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis respon pembelajaran daring menggunakan media google classroom dan untuk melihat hasil belajar pada kognitif peserta didik pada materi virus kelas X SMA Kolombo Sleman. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui angket secara daring melalui link google form. Data yang diterima dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil yang didapatkan dari respon penggunaan media google classroom (GC) menurut peserta didik dapat diterima sebagai pembelajaran yang efektif 82,1%, hanya 51,9% peserta didik yang merasa melalui GC pembelajaran materi virus memberikan pemahaman yang baik. 75% peserta didik lebih mudah dalam pembelajaran secara tatap muka. Keadaan tersebut yang mempengaruhi capaian hasil belajar kognitif pada peserta didik sebesar 46,76 (kategori cukup), sehingga diperlukan upaya penerapan metode belajar dan media interaktif yang lebih efektif untuk mengatasi masalah tersebut.

Kata Kunci: Google Classroom, Online Learning, Virus