Form Konfirmasi Subsidi Pulsa Peserta P2K Gelombang 2

(wajib login menggunakan webmail UAD)

Webinarnas Peran Mahasiswa Dalam Pengurangan Resiko Bencana

Dalam rangka menyambut hari internasional Pengurangan Risiko Bencana (PRB) yang diperingati setiap tanggal 13 Oktober.

Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Ahmad Dahlan, kerjasama dengan Pusat Studi Mitigasi dan Penanggulangan Bencana (PSMPB) UAD, Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC), dan Building Universities in Leading Disaster Resilience (BUiLD).

Mempersmbahkan : ?WEBINARNAS: “Kontribusi Mahasiswa dalam Kegiatan Pengurangan Risiko Bencana di Era Pandemi Covid-19”?

Sambutan:
H. Budi Setiawan, S.T (Ketua MDMC PP Muhammadiyah)
Gatot Sugiharto, S.H, M.H (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UAD)

Narasumber:
▪️Budi Santosa (Koordinator Divisi Pengurangan Risiko Bencana dan Kesiapsiagaan MDMC PP Muhammadiyah)
▪️Cahyono (Ketua UKM Madapala UAD)

Moderator: ▪️Dholina Inang Pambudi, M.Pd

? Pelaksanaan:
? Jumat, 9 Oktober 2020
⏰ 13.00- Selesai
? Live via Zoom (link zoom akan dikirim paling lambat 2 Jam sebelum kegiatan melalui Email Pendaftaran)

GRATIS!!!!!!
Mendapatkan E-Sertifikat
Pendaftaran hingga Kamis, 8 Oktober 2020 pukul 23.59
HANYA UNTUK 1000 orang saja !!

? Topik Artikel:
1. “Kontribusi Mahasiswa dalam Kegiatan Pengurangan Risiko Bencana di Era Pandemi Covid-19”
2. Sharing pengalaman mahasiswa UAD (MASAMBA)

====================

FORMULIR PENDAFTARAN
Bagi Mahasiswa UAD wajib menggunakan WEBMAIL UAD

ASIK (Aplikasi Sekolah Kepemimpinan): Basis Media Pembelajran Pendidikan Karakter Kepemimpinan bagi Peserta

Oleh Didik Farida, Dyah Ayu Siti Fatimah, dan Susena

Abstract

Human resources have an important role to play in determining the progress of a nation. Through leadership character education in an effort to improve the quality of human resources. Asik is an android app-based learning media that can be accessed by students and has various features. This application is expected to improve the softskill of online organizing capabilities.

Key Words: Put 3-5 your key words here; keywords separated by semicolon

EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE ClASSROOM DI SMAN 1 BANGUNTAPAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Oleh Citra Trisna Dewi1,  Neo Fadli2, & Farid Setiawan3

Abstrak: Adanya Covid-19 bedampak bagi berbagai sector kehidupan, salah satunya yaitu pelayanan pendidikan. Dalam rangka memutuskan mata rantai penyebaran virus covid-19 ini maka SMA N 1 Banguntapan mengikuti kebijakan dari pemerintah untuk melaksanakan proses pembelajaran secara daring. Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran daring di SMA N 1 Banguntapan dimasa pandemic covid-19, dan untuk meggambarkan pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring di SMA N 1 Banguntapan dengan menggunakan aplikasi google classroom yang didukung oleh aplikasi Whats app untuk memantau kehadiran, dan keaktifan siswa. Kegiatan pembelajaran daring di SMA N 1 BAnguntapan cukup efektif hanya saja siswa merasa bosan dalam kegiatan belajar mengajar. Kreatifitas seorang guru di sini sangat dibutuhkan agar siswa tidak merasa jenuh selama kegiatan belajar mengajar. Pemberian tugas yang seimbang dengan materi yang diberikan juga tidak kala penting agar siswa tidak merasa kewalahan dalam mengerjakan tugas.

Kata Kunci: Covid-19, Efektif, Siswa 

Selengkapnya

  1. Paper Seminar Nasional

PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TEMATIK DI SD MUHAMMADIYAH GONDANGLEGI

Oleh Aulia Savitri Nurhayati 1,  Harina Suharjono2, Sisi Harokah3, Feri Budi Setyawan4

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas I di SD Muhammadiyah Gondanglegi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian ada sepuluh cara yang dilakukan oleh guru dalam menjalankan perannya sebagai motivator. Namun, dari hasil penelitian yang dijelaskan diatas, hanya terdapat delapan cara guru dalam menjalankan perannya sebagai motivator. Maka disimpulkan bahwa guru berperan sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas I di SD Muhammadiyah Gondanglegi, adalah 1) Menggunakan metode yang bervariasi, 2) Menciptakan persaingan/kompetisi, 3) Memberi evaluasi/ulangan, 4) Memberi nilai atau angka, 5) Memberitahukan hasil belajar siswa, 6) Memberi hadiah kepada siswa, 7) Memberi pujian, 8) Memberi hukuman jika tidak mengerjakan tugas.

Kata Kunci: Peran guru, minat belajar

Selengkapnya

1. Paper Seminar Nasional

TINGKAT KEJUJURAN PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN MATEMATIKA SELAMA PJJ (PEMBELAJARAN JARAK JAUH)

Oleh Risma Tri Mawarni1*), Disca Amellya 2, & Suparman3

Abstrak: Pendidikan adalah proses pembelajaran mengembangkan potensi diri untuk menumbuhkan karakter pada peserta didik salah satunya pendidikan kejujuran. Guru berperan menuntun peserta didik dalam tumbuh kembang perilaku budi pekerti peserta didik, terutama perilaku kejujuran. Apalagi di masa pandemi Covid-19 peserta didik menerapkan sistem Belajar Dari Rumah (BDR) yang mana guru tidak bertatap muka dengan peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menganalisis metode pendidikan kejujuran disaat pembelajaran jarak jauh, (2) Diharapkan peserta didik dapat berlaku jujur dalam proses pembelajaran jarak jauh ini. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner berupa Google Form. Data dianalisis dengan studi-studi cross-sectional dan longitudinal yang menggunakan kuesioner atau wawancara terstruktur untuk pengumpulan data, dengan tujuan untuk menggeneralisasi dari sampel menjadi populasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis kejujuran peserta didik SMA Negeri 1 Jetis, tingkat kejujuran dalam setiap proses pembelajaran jarak jauh cukup tinggi.

Kata Kunci: Kejujuran, Pembelajaran Jarak jauh

 

Selengkapnya

  1.  Paper Seminar Nasional

Pengumuman Pemenang Lomba Opini P2K 2020

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pada hari Jumat, 25 September 2020 telah dilaksanakan proses penjurian  Lomba Menulis Opini P2K 2020 Universitas Ahmad Dahlan. Berdasarkan hasil dan keputusan juri, berikut nama pemenang Lomba Menulis Opini  :

Juara NIM NAMA PRODI JUDUL OPINI
1 2000026048 Sulthon ‘Afif Baihaqi Sastra Inggris Semua Orang Boleh Bermimpi, Menggapainya Adalah Pilihanmu
2 2015015020 Valentino Bayu Adi Matematika Salah Satu Jalan Menuju Sukses
3 2000016102 Sheila Deswita Ariyanto Sistem Informasi Semua Tentang Mimpi
Harapan 1 2011003050 Neissaroh Al Mardhiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Langkahkan Kaki Bersama UAD
Harapan 2 2000026079 Safina Rosita Indrawati Sastra Inggris Dari Sini
Harapan 3 2000019061 Dina Sonia Teknik Industri Meraih mimpi bersama UAD
Harapan 3 2000020044 Rizky Amelia Teknik Kimia Kesuksesan Berawal dari Mimpi
Harapan 3 2000029015 Siti Nur Fatimah Ilmu Kesehatan Masyarakat Di Universitas Ahmad Dahlahlah Semua Impian Kita Akan Terwujud
Harapan 3 2000331007 Rasyid Herbanu Indra Saputra Pendidikan Agama Islam (Wates) Kebanggaan Meraih Mimpi
Harapan 3 2000001075 Zerina Qodrian Bimbingan dan Konseling Kugantungkan Mimpi di Universitas Ahmad Dahlan

Selamat kepada para pemenang. Penyerahan hadiah  dihubungi langsung oleh panitia melalui WhatsApp (WA).

 

Yogyakarta, 26 September 2020

ttd

Panitia P2K