Efektivitas Pembelajaran Online Materi Jaringan Tumbuhan dan Hewan di SMAN 1 Bambanglipuro

Oleh Vina Noor Fauzia Shafarina, Radita  dan Destri Ratna Ma’rifah

Abstract:

The ongoing COVID-19 pandemic has hindered the process of face-to-face learning. Then a solution is needed to address the current problem. Online learning is one of the alternatives to solutions that can address this problem. The purpose of this study is to find information about the online success of the biolearning process by using the Whatsapp and Google classroom platforms in the XI MIPA class at state high school 1 Bambanglipuro. The study employed descriptive research methods using survey techniques. Research data was netted using angkettes on Google form given to 40 vicarious students from 4 classes (XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI MIPA 3 and XI MIPA 4), 10 classes each. Based on this research, the average results are 67.94% which means that the effectiveness of online learning goes well. 

Key Words: Effectiveness, Online Learning, Plant Tissue, Animal Tissue, Survey

Analisis Respon Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran PPKn melalui WhatsApp di SMP Muhammadiyah Sewon, Bantul

Oleh Meli Agustin, Dosit Arya, Andika Dimas Agasi, dan Trisna Sukmayadi

Abstrak

Di tengah Pandemi Covid-19 Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP II) Universitas Ahmad Dahlan dilakukan secara Daring Khusus Mata Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dilaksanan melalui Via Whatsapp. Pembelajaran Via Whatsapp ini menghubungkan Peserta didik dan Guru melalui jaringan internet berada dalam satu Grub Whatsapp. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis Respon Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran PPKn Via Whatsapp di SMP Muhammadiyah Sewon Bantul. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan mencari informasi melalui wawancara dan Observasi.

Kata Kunci: WhatsApp, Pembelajaran Online, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Respon, Peserta didik

Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah Imogiri

Oleh Luthfi Ahmad Maulana, Wigih Nursantoso dan Sutarman

Abstrak:

Universitas Ahmad Dahlan dalam kegiatan pengembangan diri calon pendidik yang profesional  terkait kegiatan Magang mahasiswa yang di sebut PLP 2 dilakukan secara daring yang mana kegiatan ini di langsungkan untuk meningkatkan kemampuan para peserta yakni mahasiswa guna menunjang keahlian mahasiswa untuk menjadi seorang pendidik yang profesional. Salah satu tempat PLP2 adalah di SMA 1 Muhammadiyah Imogiri Bantul. Tujuan penelitian yaitu mengetahui pengaruh pembelajaran online terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah Imogiri. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengambil data dari hasil soal-soal yang telah dijawab siswa. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwa pembelajaran dengan metode online di kelas X SMA Muhammadiyah Imogiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tidak berpengaruh significant terhadap hasil belajar siswa. Karena dilihat dari hasil pengujian dengan uji t dimana thitung mendapatkan nilai sebesar 0,701 sedangkan ttabel 2,353, yaitu 0,701 < 2,353 maka H0 diterima yang artinya pembelajaran metode online tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Kata kunci: Magang, Pendidik Profesional, pembelajaran on line

Pemanfaatan Konten Youtube dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Oleh Herlina Purwaningsih, Salis Nurul Hidayah dan Ikmi Nur Oktavianti

Abstract:

In the midst of the Covid 19 pandemic, learning activities are carried out online or learning from home. This is a challenge in itself for a teacher and students. Teachers must be able to sort and select material that can attract students’ learning interest. Rapid technological advances make it easier for teachers to choose various learning media on various platforms. Examples of platforms that are often used in the learning process are zoom, google meet, google classroom, youtube and others. In this article, researchers will discuss the use of YouTube in the learning process. The choice of YouTube as the object of writing this article is because there are many subject matter that can be found on YouTube and can be accessed easily in a flexible time. The purpose of writing this article is to determine the effect of using YouTube content as a learning medium on interest in learning English. This article is a literature study article. The method used is descriptive qualitative. The results of this study indicate the use of YouTube content as a medium of pursuit has a positive and significant effect on interest in learning English.

Key Words: Covid 19, Pembelajaran Jarak Jauh, Media Pembelajaran, Youtube

Peran Pancasila dalam Menumbuhkan Sikap Persatuan Generasi Muda di Era Globalisasi

Oleh M. Fakhri I. A, Riskiana Aulia R, Pravira Trisna Gita B, Susena, dan Sumaryati

Abstrak

Indonesia sebagai negara bangsa tidak bisa menghindari laju perkembangan globlasisasi, tetapi dengan menggunakan Pancasila sebagai pedoman Indonesia tetap akan bisa mempertahankan identitas dan eksistensinya, terutama yang tercantum dalam sila ke 3 “persatuan Indonesia”, menumbukan jiwa persatuan dalam diri pikiran generasi muda di mulai dari masa kanak-kanak akan membuatnya lebih kuat bertahan dari pengaruh negative globalisasi, demikian juga dengan memperkuat pendidkan akhlak dan etika melalui pendidikan Pancasila, maka generasi muda akan lebih kuat dan lebih siap untuk mempertahakan nilai persatuan di era globalisasi.

Kata Kunci: Pancasila, Persatuan, Globalisasi

Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika

Oleh Tika Noviana, Dharu Ari Kurniawan dan Sumargiyani

Abstrak:

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika pada kelas VII dan VIII di SMP Muhammadiyah Banguntapan. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara menggunakan sebuah instrument yaitu angket yang berisi tentang minat belajar siswa yang terdiri dari 35 soal. Sampel yang akan digunakan sebanyak 61 siswa yang terdiri dari kelas VII A dan VIII C. Minat belajar ini sangat berpengaruh dalam pencapaian prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Pemaparan kajian minat belajar siswa berkaitan dengan definisi minat belajar, indikator minat belajar, jenis – jenis minat belajar, faktor – faktor yang mempengaruhi minat belajar, dan usaha – usaha yang dapat meningkatkan minat belajar. Minat belajar sangat dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Minat belajar memiliki tiga aspek yaitu aspek koognitif, afektif, dan psikomotorik.

Kata kunci: Pembelajaran online, dampak positif dan negative

Analisis kualitas RPP Daring Guru Magang di SMP 1 Sewon

Oleh Riski Hestanti, Wardatussaidah Saif dan Nani Aprillia.

Abstrak:

Penelitian ini berjudul Analisis Kualitas RPP Daring Guru Magang di SMP 1 Sewon bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara RPP dengan kurkulum 2013. Sumber data ini dikembangkan oleh peserta magang Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan di SMP 1 Sewon. Metode yang digunakan adalah metode deskrptifdan pengolahan data dilakukan dengan teknik analisis kualitatif. Pada penelitian ini mencakup tentang kesesuaian komponen RPP dengan pedoman yang terdapat dalam kurikulum 2013.tetapi dalam pembuatan RPP pserta magang, tidak sepenehnyu mencantukna pedoman yang telah disyaratkan, serta tidak mencantumkan kompetensi inti dalam RPP, tidak dicantumkan seperti metode  pembelajaran, langsung pada model pembelajaran yang dipakai, alokasi waktu untuk setiap kegiatannya tidak dicantumkan, sumber belajar yang digunakan terlalu monoton, tidak bervariasi, dalam proses pembelajaran kurang diterapkannya model Discovery Learning, dalam RPP kegiatan pembelajaran tidak dijelaskan secara rinci.

Kata kunci: RPP, Kurikulum 2013, Analisis, Discovery Learning 

Pengaruh Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Sanden Terhadap Hasil Belajar Matematika

Oleh Rimadhonna Via Sholihati, Hana Ummu Dzakiyyah dan Fariz Setyawan.

Abstract:

This is a quantitative research. The aim of this study to determine the effect of learning styles of class VIII students of SMP Negeri 1 Sanden on mathematics learning outcomes. The research subject involved 23 students of class VIII SMP Negeri 1 Sanden, which consisted of 23 students. The data collection used was in the form of a student learning style questionnaire and a test result of the Middle Semester Assessment. Based on the results of the research conducted, it shows that there is a significant influence between students learning styles on mathematics learning outcomes by 2.7%, while the remaining 97.3% is various other factors that can also affect mathematics learning outcomes.

Key Words: Students Learning Style; Mathematics Learning Outcomes

Analisis Kesalahan Siswa Menggunakan Newman’s Error Analysis (Nea) Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Bentuk Aljabar

Oleh Sukaji, Rema Juaini dan Rima Aksen

Abstract:

This study aims to determine students’ mistakes in solving mathematics using the Newman Error Analysis (NEA). In Newman’s Error Analysis (NEA) there are five skills to solve mathematical problems such as reading (reading), understanding (understanding), transforming (transformation), process skills (process skills), coding abilities (encoding abilities). The research methods used are qualitative descriptive. The subjects used in this study (three) people. The instruments used were tests and interviews. The results of the error study show that the mistakes made include errors and mismanagement.

Key Words: Newman Error Analysis; Problem Solving; Algebra

Analisis Minat Belajar Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 1 Bambanglipuro Tahun Pelajaran 2020/2021

Oleh Latifah Nur Faidah, Supratiwi Dewiyana dan Dwi Astuti

Abstrak :

Minat memiliki peran yang sangat penting dalam proses belajar karena minat menjadi salah satu faktor penentu dalam berhasil atau tidaknya tujuan pengajar yang akan dicapai. Siswa yang tidak berminat terhadap bahan pelajaran akan menunjukkan sikap kurang simpatik, malas dan tidak bergairah mengikuti proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 1 Bambanglipuro pada Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket dan dokumentasi untuk mengetahui hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil analisis data yang dilakukan maka dapat diinterpretasikan bahwa minat belajar siswa masih tergolong rendah mengakibatkan hasil belajar yang dicapai menjadi kurang maksmial.

Kata kunci: minat belajar, hasil belajar, matematika