Talkshow Konseling Sebaya The Series “The Journey As A Peer Counseling”

Rabu, 27 Maret 2024, Unit Konseling Mahasiswa di bawah pengawasan Bidang Pengembangan Karakter dan Kesejahteraan, Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Talkshow Konseling Sebaya The Series dengan tema “The Journey As A Peer Counseling”. Kegiatan ini diselenggarakan pada pukul 12.30 hingga 13.45 WIB yang dilakukan secara daring melalui siaran langsung di kanal youtube BIMAWA UAD Jogja. Kegiatan talkshow ini telah diakses sebanyak 85 kali oleh penonton streaming youtube.

Kegiatan ini dipandu oleh moderator Novia Laras Wati yang merupakan Konselor Sebaya Universitas Ahmad Dahlan. Dalam talkshow kali ini mengundang empat narasumber yaitu Sakila Ghina A.E.B merupakan pendamping mahasiswa/konselor sebaya angkatan 2022, Muh. Rayhan Maulana merupakan pendamping mahasiswa/konselor sebaya angkatan 2022, Ridwan Amal R merupakan pendamping mahasiswa/konselor sebaya angkatan 2022, dan Ikhwan Mofa yang juga merupakan pendamping mahasiswa/konselor sebaya angkatan 2022. Talkshow ini diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan kegiatan perekrutan konselor sebaya bagi angkatan 2023 yang akan datang. Para narasumber berbagi pengalaman dan wawasan yang diperoleh setelah menjadi Pendamping Mahasiswa/Konselor Sebaya angatan 2022.

Pendampingan Mahasiswa atau Konselor Sebaya bagi mahasiswa baru merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan berbagai kemampuan hard skill maupun soft skill dalam mendampingi mahasiswa baru di Universitas Ahmad Dahlan. Proses pendampngan tersebut akan membantu mahasiswa baru dalam menjalani adaptasi ketika menjadi seorang mahasiswa. Para Pendamping Mahasiwa/Konselor Sebaya akan dibekali kemampuan konseling serta informasi ketika mereka menghadapi mahasiswa baru. Pengalaman-pengalaman yang diperoleh tersebut tetunya dapat menjadi bekal ketika nanti mahasiswa bekerja dan memperoleh pengalamn dalam menghadapi masalah orang lain. Keempat narasumber yaitu Sakila Ghina A.E.B, Muh. Rayhan Maulana, Ridwan Amal R dan Ikhwan Mofa menyampaikan bagimana pengalaman serta tantangan yang mereka hadapi ketika menjadi Pendamping Mahasiswa/Konselor Sebaya angkatan 2022 dan berbagai manfaat yang mereka dapatkan disaat menjadi Pendamping Mahasiswa/Konselor Sebaya.

Tonton video talkshow selengkapnya:

https://www.youtube.com/live/pUp9OnfN0qs?si=BlruKrrispCFQO2w