Talkshow Soft Skills Series: “Soft Power, Strong Impact”

Jum’at, 29 Desember 2023, Unit Konseling Mahasiswa di bawah pengawasan Bidang Pengembangan Karakter dan Kesejahteraan, Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BIMAWA), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Talkshow Soft Skills Series dengan tema “Soft Power, Strong Impact”. Kegiatan ini diselenggarakan mulai pukul 18.30 hingga 20.30 WIB. Talkshow dilakukan secara daring melalui siaran langsung di kanal youtube BIMAWA UAD Jogja. Kegiatan talkshow ini telah diakses sebanyak 196 kali oleh penonton streaming youtube.

Kegiatan ini dipandu oleh moderator yaitu Adinda Rima yang merupakan Konselor Sebaya UAD. Dalam talkshow kali ini mengundang tiga narasumber yaitu Aditya Pratama, S.E selaku alumni Manajemen UAD 2019 yang sekarang bekerja sebagai Administration Officer Rumah BUMN Yogyakarta PT. Bank Rakyat Indonesia, Baiq Ananda Putri, S.KM selaku alumni Kesehatan Masyarakat UAD 2019 yang sekarang mengembangkan bisnis Baiq Hijab, kemudian ada Edo Lestari, S.Pd, M. Psi selaku alumni BK UAD 2011 dan alumni Psikologi UAD 2018 yang sekarang bekerja sebagai Waka Kesiswaan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Soft skills merupakan hal yang dibutuhkan bagi mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja. Kemampuan berkomunikasi dengan jelas dan mendengarkan dengan baik membantu dalam bekerja sama dengan tim. Keterampilan manajemen waktu membantu menyelesaikan tugas tepat waktu, menunjukkan tanggung jawab, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Bekerja dalam tim, memiliki empati, dan keterampilan interpersonal yang baik juga membantu membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja. Kemampuan untuk berpikir kreatif dan menemukan solusi untuk masalah juga sangat penting di tempat kerja. Semua keterampilan ini bekerja sama untuk menciptakan lingkungan kerja yang sukses.

Kegiatan talkshow ini sangat menarik dan bertujuan untuk memberikan informasi mengenai pentingnya soft skills di dunia kerja dari narasumber Aditya Pratama, S.E, Baiq Ananda Putri, S.KM, dan Edo Lestari, S.Pd, M. Psi. Talkshow hari ini mengingatkan kita bahwa soft skills bukanlah hal yang bisa diremehkan karena terbukti sangat berpengaruh di dunia kerja.

Tonton video talkshow selengkapnya:

https://www.youtube.com/live/DnaW-NKkxrk?si=A51Firvm4wgcr4Rh