Talkshow Nasional “Strategi Sukses Menghadapi Ujian”

Unit Konseling Sebaya di bawah pengawasan Bidang Pengembangan Karakter dan Kesejahteraan, Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BIMAWA), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggatakan Talkshow Nasional dengan tema “Strategi Sukses Menghadapi Ujian” pada Jumat, 12 Mei 2023. Kegiatan talkshow diselenggarakan  mulai pukul 10.00 sampai 11.00 WIB. Kegiatan talkshow dilaksanakan secara daring melalui siaran langsung di kanal Youtube BIMAWA UAD. Kegiatan ini telah diakses sebanyak 118 kali oleh penonton streaming youtube.

Kegiatan ini dipandu oleh moderator yaitu Wahyu Nila Irdasari yang merupakan Konselor Sebaya UAD. Talkshow kali ini mengundang dua narasumber yakni Chalda Bhakti Jelita mahasiswi Prodi Teknik Elektro Angkatan 2021, serta Nenden  Wulan Septianning Tiyas mahasiswi Prodi PBSI Angkatan 2021. Kegiatan talkshow ini berjalan interaktif dan membahas tentang strategi apa yang dilakukan agar sukses dalam ujian. Ujian menjadi upaya yang dilakukan untuk mengukur kemampuan sekaligus pengetahuan yang sudah diperoleh sebelumnya, sehingga sebagai mahasiswa tentunya harus mempersiapkannya dengan matang agar menghasilkan hasil yang maksimal. Ujian bukan menjadi hal yang perlu ditakuti oleh mahasiswa, melainkan ujian hendaknya dihadapi.

Kegiatan talkshow ini menarik perhatian dimana kegiatan ini memotivasi seseorang untuk lebih memperhatikan strategi apa saja yang harus dipersiapkan agar sukses dalam ujian.  Strategi yang dapat dipraktikan mahasiswa diantaranya meminta restu kepada kedua orang tua,  mempersiapkan diri jauh-jauh hari, tidak belajar dengan sistem kebut semalam (SKS), istirahat yang cukup dimalam hari, memahami materi secara keseluruhan, menanyakan materi yang belum dipahami pada dosen pengampu mata kuliah, atau melakukan diskusi dengan teman satu kelas. Namun ada hal yang perlu diingat bahwa dalam ujian kita harus menjunjung tinggi kejujuran dengan tidak mencontek atau melakukan hal yang bersifat curang lainnya. Jika kita ingin sukses dalam ujian kita harus melakukan yang terbaik untuk hasil yang maksimal.

Tonton video talkshow selengkapnya: https://www.youtube.com/live/gpW3pWs1vCQ?feature=share