Talkshow Nasional “Cerita Mahasiswa Semester Senja Pejuang Toga”

Unit Konseling Sebaya di bawah pengawasan Bidang Pengembangan Karakter dan Kesejahteraan, Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BIMAWA), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Talkshow Nasional dengan tema “Cerita Mahasiswa Semester Senja Pejuang Toga” pada Ahad, 30 April 2023. Kegiatan talkshow diselenggarakan  mulai pukul 10.00 sampai 11.00 WIB. Kegiatan talkshow dilaksanakan secara daring melalui siaran langsung di kanal Youtube BIMAWA UAD. Kegiatan ini telah diakses sebanyak 157 kali oleh penonton streaming youtube.

Kegiatan ini dipandu oleh moderator yaitu Hastu Nur Shofiati yang merupakan Konselor Sebaya UAD. Talkshow kali ini mengundang tiga narasumber yakni Anisa Widyastuti Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Angkatan 2019, Mia Herpina Rahmawati Mahasiswa Prodi Psikologi Angkatan 2019, dan Hurin Nabila Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling Angkatan 2019. Kegiatan talkshow ini berjalan interaktif dan membahas tentang bagaimana social comparison yang dialami oleh mahasiswa tingkat akhir. Social comparison yang dimaksud disini menjadi kondisi yang umumnya dialami mahasiswa yaitu dibanding-bandingkan baik dari segi akademik, bahkan sosial oleh orang terdekat. Hal tersebut tidak jarang akan membuat seseorang menjadi down atau merasa tidak semangat dalam penyusunan skripsi. Akan tetapi social comparison tentunya tidak semuanya membawa pengaruh buruk akan tetapi juga ada pengaruh sisi positifnya.

Kegiatan talkshow ini menarik perhatian dimana kegiatan ini bertujuan menumbuhkan motivasi dan semangat untuk menyelesaikan skripsi bagi mahasiswa akhir. Akan tetapi hal tersebut tidak lepas dari bagaimana cara kita bijak dalam menanggapinya, sekaligus memilih langkah atau tips dan trik apa yang harus dilakukan untuk tidak down sehingga nantinya tidak menghambat diri kita untuk sukses dalam akademik dan wisuda..

Tonton video talkshow selengkapnya: https://www.youtube.com/live/Z6rWwD7dAao?feature=share