Talkshow Nasional “From Self-Harm to Self-Love”

Rabu, 12 April 2023, Unit Konseling Mahasiswa di bawah pengawasan Bidang Pengembangan Karakter dan Kesejahteraan, Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BIMAWA), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Talkshow dengan tema “From Self-Harm to Self-Love”. Kegiatan ini diselenggarakan mulai pukul 08.30 hingga 09.35 WIB. Talkshow dilakukan secara daring melalui siaran langsung di kanal Youtube BIMAWA UAD Jogja. Kegiatan talkshow ini telah diakses sebanyak 112 kali oleh penonton streaming Youtube.

Kegiatan ini  dipandu oleh moderator yaitu Anty Kunanti yang merupakan Konselor Sebaya UAD. Dalam talkshow kali ini mengundang narasumber dr. Widea Rossi Desvita, Sp.KJ selaku dosen Fakultas Kedokteran Universitas Ahmad Dahlan dan sekaligus dokter spesialis jiwa RS PKU Muhammadiyah Bantul. Tindakan self-harm itu merupakan tindakan yang menyakiti diri sendiri dengan sengaja. Banyak dari remaja yang melakukan tindakan self-harm ini karena mereka ingin mencari rasa puas terhadap sesuatu.  Tindakan ini dapat terjadi karena kurangnya perhatian, kurangnya kasih sayang, mencari kepuasan, menghukum dirinya sendiri dan lain-lain. Kita perlu untuk memahami penyebab seseorang melakukan tindakan ini sehingga kita bisa menentukan langkah penanganan seperti apa yang dapat dilakukan untuk membantu orang tersebut keluar dari kebiasaan yang membahayakan diri ini.

Kegiatan talkshow ini sangat menarik dan bertujuan untuk memberikan informasi mengenai tindakan self-harm yang menyakiti diri sendiri menjadi mencintai diri sendiri dari narasumber dr. Widea Rossi Desvita, Sp.KJ. Talkshow hari ini mengingatkan kita bahwa pentingnya mencintai diri sendiri.

Tonton video talkshow selengkapnya: https://www.youtube.com/live/WKBfJVE-Iag?feature=share