UKM Pramuka Kembangkan Pusat Studi Literasi di Desa Kepek Melalui PPK ORMAWA

UKM Pramuka Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang telah lolos pendanaan Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) Kemendikkbudristek. PPK Ormawa merupakan pelaksanaan program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh organisasi mahasiswa. Tim PPK Ormawa UKM Pramuka mengangkat tema Desa Cerdas dengan judul “Optimalisasi Pojok Literasi Sebagai Upaya Mewujudkan Desa Kepek Menjadi Pusat Studi Literasi Menuju Desa Cerdas”.

Dalam Monotoring dan Evaluasi Universitas Tim PPK Ormawa UKM Pramuka ini melaporkan bahwa telah berhasil melaksanakan program-program yang direncanakan. Program yang telah dilaksanakan yaitu perpustakan keliling, 5 titik pojok baca di setiap padukuhan, gazebo, dan mengadakan beberapa lomba yang melibatkan anak-anak di desa Kepek bekerja sama dengan TBM Kuncup Mekar dan Karang Taruna Kalurahan Kepek.

“Bersama Pemerintah desa kami membantu melaksanakan sebuah tradisi budaya bersih desa, yang kemudian kami angkat dalam Sarasehan Internasional yang bekerja sama dengan Universitas di Malaysia dan Thailand ” ungkap Danar selaku ketua Tim PPK ORMAWA UKM Pramuka saat Monitoring Evaluasi Universitas Senin, 3 Oktober 2022.

Sebagai tambahan Mulyakno, pemuda desa yang sekaligus menjadi pengurus TBM Kuncup Mekar juga berterima kasih dengan adanya kegiatan-kegiatan yang telah diinisiasi oleh mahasiswa dan berharap bisa dimanfaatkan baik oleh masyarakat hingga dapat berkembangnya Kepek sebagai Desa Literasi utamanya dalam Budaya.

“Harapannya program ini akan berkelanjutan untuk tahun-tahun kedepan, Kepek Maju, Indonesia Jaya, Salam Literasi” Danang Sukantar mengakhiri.