Tim PPK Ormawa HMPS Biologi, Ciptakan Perempuan Berdikari Melalui WSA

(05/10) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melakukan monitoring dan evaluasi Program Peningkatan Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa), yang diikuti oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Biologi UAD di Desa Sidomulyo. Program yang mereka usung dengan judul Pemberdayaan Perempuan Sidomulyo untuk Menciptakan Perempuan Berdikari melalu Women Skill Academy.

Hidayah selaku Ketua Tim PPK Ormawa HMPS Biologi mengatakan, “Saat ini HMPS Biologi UAD sedang menjalankan kegiatan pengabdian masyarakat dengan membentuk program sekolah perempuan non formal dengan nama Women Skills Academy (WSA). Tujuan WSA ialah untuk menciptakan perempuan berdikari, mawas diri, dan terintegritasi dengan meningkatkan hardskills maupun softskills masyarakat perempuan di desa Sidomulyo.”

Ia juga menuturkan kegiatan yang mereka lalukan, meliputi pemberian materi dan pelatihan, terdiri dari pematerian mengenai akhlak, kesejahteraan perempuan, kesehatan reproduksi, parenting, dan manajemen organisasi, sedangkan untuk pelatihan yaitu pelatihan pembuatan berbagai macam olahan pisang.

“Melalui kegiatan ini kami berharap dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat khususnya perempuan, serta meningkatkan perekonomian di desa Sidomulyo,” ungkap Hidayah lagi.

Sementara itu, Murjiyo selaku Kepala Dukuh juga berharap program WSA dapat terus berlanjut untuk menunjang kesejahteraan perekonomian.

Reporter: Nouvkilla Azzahra Khairunnisa

Editor: Annisa Maulida Ramadhani