Talkshow “Mengenal Lebih Jauh Layanan Konseling Mahasiswa”

Sabtu, 24 September 2022, Unit Konseling Sebaya di bawah pengawasan Bidang Pengembangan Karakter dan Kesejahteraan, Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BIMAWA), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Talkshow dengan tema “Mengenal Lebih Jauh Layanan Konseling Mahasiswa”. Kegiatan ini diselenggarakan mulai pukul 12.30 hingga 13.45 WIB. Talkshow dilakukan secara daring melalui siaran langsung di kanal youtube BIMAWA UAD Jogja. Kegiatan talkshow ini telah diakses sebanyak 320 kali oleh penonton streaming youtube.

Kegiatan ini  dipandu oleh moderator yaitu Alivia Eka Arianti yang merupakan Konselor Sebaya UAD. Dalam talkshow kali ini mengundang dua narsumber yaitu Bapak Caraka Putra Bhakti, S.Pd., M.Pd. dan Bapak Wahyu Nanda Eka Saputra, M.Pd., Kons. Beliau merupakan dosen di program studi Bimbingan dan Konseling UAD. Kegiatan talkshow ini bertujuan untuk memberikan pengenalan dan pemahaman kepada mahasiswa mengenai layanan konseling yang ada di UAD, khususnya bagi para mahasiswa baru.

Pak Wahyu memberikan pemantik mengenai pentingnya layanan konseling bagi mahasiswa. Bahwasanya dalam layanan konseling memberikan bantuan dukungan dan pendampingan bagi mahasiswa yang mengalami sebuah masalah, agar dapat memecahkan permasalahannya tersebut. Selain itu, dalam konseling juga memberikan pendampingan agar individu dapat mengetahui dan mengenmbangkan potensi yang ada dalam dirinya. “Karena kebanyakan mereka sudah mengetahui potensinya, namun tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan potensi itu”, ujar Pak Wahyu selaku Konselor Ahli di Unit Konseling Mahasiswa UAD.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan oleh Pak Caraka, beliau menegaskan bahwa permasalahan yang dapat dikonsultasikan tidak hanya dalam bidang akademik saja, namun pada bidang pribadi, sosial, dan karir mahasiswa. Sehingga lebih kompleks dan menyeluruh. Di Unit Konseling Mahasiswa ini juga melakukan pengembangan konten seperti adanya penyebaran poster, film pendek, dan siaran talkshow edukatif  bertujuan untuk pengembangan diri mahasiswa. Di akhir, Pak Caraka menyampaikan bahwa hasil akhir dari menjadi mahasiswa adalah kemandirian, jika di tengah jalan berproses terdapat hambatan maka kami (re-Unit Konseling Mahasiswa) dapat membantu mahasiswa untuk mencapai sukses studi selama di UAD.

Tonton video talkshow selengkapnya : https://youtu.be/jUdpn4i2QUI