Talkshow Nasional “Merintis Jalan Menjadi Wirausaha Dahlan Muda”

Sabtu, 23 Juli 2022, Unit Konseling Sebaya di bawah pengawasan Bidang Pengembangan Karakter dan Kesejahteraan, Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BIMAWA), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Talkshow Nasional Karir Wirausaha yang bertemakan “Merintis Jalan Menjadi Wirausaha Dahlan Muda”. Kegiatan ini diselenggarakan mulai pukul 10.00 hingga 11.40 WIB. Talkshow berskala nasional ini dilakukan secara daring melalui siaran langsung di kanal youtube BIMAWA UAD Jogja. Kegiatan talkshow ini telah diakses sebanyak 234 kali oleh penonton streaming youtube.

Kegiatan ini  dipandu oleh moderator yaitu Alivia Eka Arianti yang merupakan Konselor Sebaya UAD. Dalam talkshow kali ini mengundang empat narsumber yaitu seorang dosen atas nama Ibu Nugraheni Rintasari, S.E. M.Sc yang merupakan koordinator kewirausahaan UAD. Tiga narasumber lain yaitu dari kalangan mahasiswa yang menjadi juara stand bazar terbaik Program Kewirausahaan Mahasiswa Saudagar Dahlan Muda pada ajang UAD Fair 2022. Mahasiswa-mahasiswa tersebut atas nama Ayu Wahyuni yang berasal dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan produk yang dijualnya yaitu Selai Uwuh. Lalu atas nama Karomah Indah Fitria, mahasiswa dari Program Studi Biologi yang merupakan Founder  Habibie Club: Sistem Infomasi Mentor Belajar Berbasis Website. Dan Nur Fatonah dari Program Studi Ilmu Komunikasi yang merupakan Owner Lilin Aromatherapy Bougiemelt Esentiial Oil.

Kegiatan talkshow ini bertujuan untuk mengenalkan capaian, tujuan dan arah pengembangan kewirausahaan di UAD. Selain itu juga untuk berdiskusi dan sharing dalam rangka menumbuhkan jiwa dan mental wirausaha muda pada kalangan mahasiswa UAD. Ibu Nugraheni Rintasari menyampaikan bahwa pihak universitas sangat mendukung penuh mahasiswa yang ingin merintis usahanya, oleh karena itu mahasiswa diajak untuk memulai berwirausaha. Ketiga narasumber mahasiswa menyampaikan terkait dengan sharing pengalaman saat memulai merintis usahanya masing-masing serta tantangan dan cara mengatasinya bersama dengan rekan timnya. Pesan yang disampaikan oleh narasumber bahwasanya mahasiswa dapat memulai berwirausaha dengan melihat dari hal-hal yang diminati karena itu akan menjadi peluang yang besar jika terus dikembangkan. Saat mengalami kegagalan pun, sebagai seorang wirausahawan harus memiliki mental pantang menyerah dan terus bangkit berusaha.