STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MUSEUM GEMPA PROF. DR. SARWIDI DALAM MENINGKATKAN MINAT PENGUNJUNG
Oleh: Setya Ramadhani
Abstrak:
Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Pemasaran Museum Gempa Prof. Dr. Sarwidi Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung. Penelitian ini menitikberatkan pada strategi komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh Museum Gempa Prof. Dr. Sarwidi yang terdiri atas 8 cakupan pemasaran terpadu, yaitu iklan, pemasaran langsung, promosi penjualan, penjualan personal, pemasaran interaktif, hubungan masyarakat, publisitas, dan event/sponsorship. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, dengan menggunakan beberapa informan untuk memperoleh data. Sumber data yang digunakan peneliti berasal dari pengamatan langsung di lokasi penelitian melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data baik itu dari pendiri museum, pihak pengelola, dan wisatawan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Museum Gempa Prof. Dr. Sarwidi menggunakan teori komunikasi pemasaran terpadu membuat kegiatan pemasaran museum ini terlihat menarik dan sangat variatif sehingga mampu menarik minat kunjungan wisatawan. Meskipun mampu menarik minat kunjungan wisatawan, strategi komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh Museum Gempa Prof. Dr. Sarwidi perlu melakukan peningkatan atau menambah inovasi-inovasi di setiap cakupan pemasaran agar museum ini dapat bersaing dengan tempat wisata lainnya.
Kata Kunci: komunikasi pemasaran, museum, minat pengunjung