STRATEGI MEDIA ONLINE “TERAS DAKWAH” DALAM MELAKUKAN DAKWAH PERSUASIF
Oleh: Siti Hanjari
Abstrak:
Era digital menjadikan komunikasi babak baru, teknologi semakin maju dan berkembang pesat. Setiap orang yang mengakses internet melalui komputer, laptop smartphone ataupun perangkat lainnya bisa sangat mudah menggunakan akses internet. Kini agama dan media betemu berkonvergensi, keduanya bertemu dalam kebutuhan yang sama dan menjadi bagian dari pengalaman kehidupan sehari-hari. Teras Dakwah mampu menarik jamaah untuk bergabung di majlisnya dengan menggunakan media online untuk mensyiarkan ajaran agama islam. Berhasilnya Teras Dakwah dalam melakukan dakwahhya tentunya hal ini tidak lepas dari strategi dakwah yang dilakukan baik secara langsung maupun melalui media. Teras Dakwah menggunaan metode dakwah seperti yang sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an yaitu Bil Hikmah, Mauidzah Hasanah, dan Wajaldilhum Billati hiya ahsan, metode tersebut selaras dengan metode komunikasi persuasif. Teras Dakwah memilih beberapa ciri khas strategi dakwahnya sendiri diantaranya adalah menguatkan citra organisasi Teras Dakwah dengan membuat identitas organisasi (corporate identity) yang terkonsep, tematik dan disesuaikan dengan segmen. Identitas organisasi yang dibentuk diantaranya logo, tagline, seragam, dan konsep desain markas. Kemudian komunikasi organisasi yang fokus menggunakan media massa dengan banyak platform untuk mumpublikasikan kegiatan, dokumentasi, dan materi dakwah. Budaya perilaku organisasi Teras Dakwah juga memiliki ciri khas khusus secara islam diantaranya pemisahan jamaah laki-laki dan perempuan, cara berpakaian jamaah laki-laki dengan model baju koko, memelihara jenggot dan bercelana diatas mata kaki, sikap tidak menjalin pacaran sebelum menikah, sikap memantaskan diri ketika muda, menanamkan jiwa entrepreneur dan mengatakan tidak pada riba
Kata Kunci: Teras Dakwah, Dakwah, Komunikasi Persuasif