Optimalisasi Biaya dan Waktu Pembangunan Rumah dengan Shortest Path Menggunakan Algoritma Dijkstra

Oleh Eliza Damayanti dan Dian Eka Wijayanti

Abstrak

Graf merupakan salah satu cabang matematika yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Graf terdiri dari vertex/titik dan edge/sisi. Secara umum graf adalah suatu diagram yang memuat informasi tertentu yang sangat bermanfaat untuk menunjukkan hubungan diantara komponenkomponen sistem. Salah satu penggunaan graf yaitu untuk mengoptimalisasi proyek pembangunan rumah. Dalam proyek pembangunan rumah hal yang tidak kalah penting yaitu menyesuaikan anggaran yang dimiliki pelanggan dengan waktu pengerjaan pembangunan rumah. Tujuan dari penelitian ini untuk menerapkan teori graf dengan algoritma Dijkstra dalam mencari lintasan biaya termurah dan lintasan waktu tercepat dalam proyek pembangunan rumah. Algoritma Dijkstra digunakan karena algoritma ini efektif untuk menentukan lintasan biaya termurah dan lintasan waktu tercepat. Dalam menentukan lintasan biaya termurah proyek pembangunan rumah, tiap langkah pekerjaan direpresentasikan sebagai titik dan biaya tiap langkah pekerjaan direpesentasikan sebagai sisi, sedangkan dalam menentukan lintasan waktu tercepat tiap langkah pekerjaan direpresentasikan sebagai titik dan waktu tiap langkah pekerjaan direpresentasikan sebagai sisi. Hasil lintasan v – v biaya termurah yaitu Rp 551.520.817 dengan lama waktu pembangunan selama 226 hari, sedangkan hasil lintasan v – v waktu tercepat yaitu 188 hari dengan biaya sebesar Rp 661.661.865.

Kata Kunci: Proyek pembangunan rumah; Graf; Algoritma Dijkstra