Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia

Oleh Mia Setia Haningsih dan Etika Dyah Puspitasari

Abstrak

Pembelajaran yang menggunakan metode ceramah dan masih bersifat hafalan membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran, sehingga kurang mengembangkan kemampuan kognitif dan kemampuan memecahkan masalah bagi siswa. Oleh karena itu diperlukan suatu alternatif model pembelajaran yang karakteristiknya berpusat kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif C1-C4 dan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas VIII pada materi sistem pernapasan manusia di SMP Muhammadiyah 2 Gamping. Penelitian ini termasuk dalam penelitian quasi eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap di SMP Muhammadiyah 2 Gamping tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 96 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal tes berbentuk objektif dan essai serta lembar observasi. Teknik analisis data dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif C1-C4 siswa dan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas VIII pada materi sistem pernapasan manusia di SMP Muhammadiyah 2 Gamping pada uji statistik taraf signifikansi 0,05.

Kata Kunci : Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil belajar kognitif C1-C4, Kemampuan memecahkan masalah.

Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Materi Sistem Pencernaan Dilengkapi Teki-Teki Silang untuk Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Prambanan

Oleh Mega Lucyana Dewi dan Agus Wasisto

Abstrak

Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru IPA kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan materi sistem pencernaan merupakan salah satu materi yang dianggap masih sulit dikuasai siswa kelas VIII, terlihat dari sebagian siswa yang belum mencapai KKM (75). Semangat belajar siswa yang rendah, siswa kurang aktif dalam pembelajaran serta istilah-istilah ilmiah yang belum dipahami dimungkinkan menjadi penyebabnya. Penyebab lain yaitu keterbatasan variasi media pembelajaran khususnya media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan mengetahui ketersediaan media pembelajaran di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan, mengembangkan, menguji kelayakan dan keefektifan CD Interaktif materi sistem pencernaan dilengkapi teka-teki silang berbasis flash. Penelitian ini merupakan penelitian research and Development (R&D) dan diujicobakan menggunakan desain One-shot case study. Penelitian melalui tahapan mengidentifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, mendesain produk, validasi ahli, revisi, ujicoba produk skala terbatas, revisi, dan uji coba skala luas sehingga dihasilkan produk final. Uji coba skala terbatas dilakukan pada 15 siswa dan uji coba skala luas dilakukan pada 25 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. Hasil analisis ketersediaan media pembelajaran yang digunakan di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan adalah LKS, LDS, buku paket, modul, gambar, video, dan Media slide Microaoft Power Point, namun media berbasis computer belum tersedia. Penilaian ahli menunjukkan bahwa CD Interaktif dilengkapi teka- teki silang berbasis flash sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji coba menunjukkan hasil belajar secara klasikal 80% siswa mencaapai KKM dan secara klasikal persentase penilaian aktivitas siswa 81 % dengan kriteria aktif dalam proses pembelajaran. Tanggapan siswa dan guru menunjukkan CD interaktif dilengkapi teka-teki silang berbasis flash baik digunakan media pembelajaran.

Kata Kunci: CD Interaktif, media pembelajaran, teka-teki silang berbasis flash, sistem pencernaan

Studi Literatur Penerapan Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) Untuk Menigkatkan Kemampuan Analisis dan Minat Belajar Siswa SMA Pada Materi Ekosistem

Oleh Medhita Amalia dan Hani Irawati

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran di sekolah formal yang kurang memiliki sistem pembelajaran yang menekankan pada proses dinamis yang didasarkan pada upaya meningkatkan keingintahuan peserta didik khususnya untuk mata pelajaran Biologi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic pada materi Ekosistem kelas X IPA untuk meningkatkan minat belajar siswa serta kemampuan analisis siswa berdasarkan studi literatur. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat study literature. Prosedur pencarian literatur dilakukan dengan penelusuran artikel publikasi dengan menggunakan kata kunci yang sudah dipilih. Teknik penyajian data menggunakan metode naratif dengan mengelompokkan data- data hasil dari penelitian literatur. Data dalam penelitian merupakan data peningkatan minat belajar siswa dan kemampuan analisis yang bersumber dari penelitian literatur. Validasi/review kualitas literatur yang sesuai dengan membuat kriteria yang berfungsi sebagai filter dalam pemilihan dan penolakan suatu literatur (inclusion and exclusion criteria). Teknik/pendekatan analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan studi literatur menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran VAK mampu meningkatkan minat belajar siswa serta bisa diterapkan pada materi ekosistem dan pembelajaran dengan model pembelajaran VAK mampu meningkatkan kemampuan analisis siswa serta bisa diterapkan pada materi ekosistem.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK), Kemampuan Analisis Siswa, Minat Belajar Siswa, Ekosistem.

Analisis Potensi Sumber Belajar Biologi SMA Kelas X Materi Kingdom Animalia Berdasarkan Hasil Penelitian Identifikasi Jenis Gastropoda Di Pantai Ngrumput Tepus Gunungkidul

Oleh Ita Ratnasari

Abstract

A learning process at school commonly lacks of using learning sources from surrounding environment, especially in the kingdom Animalia material which is the sub material of invertebrata. This research was aimed to analyze the Biology learning source potency of grade 10th Senior High Scholl based on a research on identifying types of gastropoda at Ngrumput Beach, Tepus Gunungkidul. This research was exploratory research that was carried out at Ngrumput Beach, Tepus, Gunungkidul. The samples were obtain through linear transect quadrat method. The sample collection was conducted in November and identification of types of gastropoda was done in December. The date were than analyzed using descriptive qualitative technique. The result of research showed that 11 gastropoda families which were cerithiidae, columbellidae, conidae, bursidae, cypraeidae, mitridae, muricidae, costelariidae, nasssariidae, trochidae dan turbonidae. Could be as Biology learning sources at 10th grade Senior High Scholl, especially in the Kingdom Animalia material which was the sub-material of invertebrata.

Key Words: Learning Source, Gastropoda, Ngrumput Beach.

Studi Literatur: Peningkatan Oral Activity dan Hasil Belajar Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create and Share) Materi Sistem Ekskresi pada Manusia

Oleh Fasaila Nadif Widyati dan Hani Irawati

Abstrak

Dominansi pendekatan pembelajaran teacher center menyebabkan oral activity siswa dan hasil belajar kognitif siswa rendah pada materi sistem ekskresi. Penerapan model pembelajaran SSCS diharapkan dapat meningkatkan oral activity dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan oral activity dan hasil belajar kognitif siswa melalui model pembelajaran SSCS pada materi sistem ekskresi berdasarkan studi literatur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian studi literatur. Artikel ilmiah sebagai data penelitian berasal dari jurnal nasional, prosiding dan repository. Validasi artikel dilakukan dengan pertimbangan artikel ilmiah bersifat open access, kualitas metodologi penelitian, kualitas penyajian data dan pembahasan, kecukupan data yang relevan, referensi mutakhir. Teknik pengumpulan data dengan cara koding definisi dan format penyajian data dalam tabel. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan studi literatur menunjukkan bahwa model pembelajaran SSCS dapat meningkatkan oral activity dan hasil belajar kognitif siswa. Hal ini diketahui melalui analisis data artikel ilmiah relevan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan oral activity dan hasil belajar kognitif. Oral activity siswa terlihat dalam penerapan model pembelajaran SSCS pada tahapan solve dan share. Model pembelajaran SSCS mendukung siswa mengembangkan kemampuan berpikir sehingga perolehan hasil belajar kognitif siswa meningkat. Selain itu, model pembelajaran SSCS dapat diterapkan pada materi sistem ekskresi.

Kata Kunci: oral activity, hasil belajar kognitif, model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create And Share), studi literatur

Edible Coating Pati Kulit Singkong Terhadap Kualitas Tomat (Solanum lycopersicum) Sebagai Sumber Belajar IPA SMP Kelas VIII Materi Zat Aditif

Oleh Dita Isnaini Solihah dan Sabirin Matsjeh

Abstrak

Tomat merupakan komoditi buah sayur yang memiliki permintaan cukup tinggi di pasaran, namun memiliki usia simpan yang relative pendek. Untuk mempertahankan kualitas dan menjaga nutrisi yang terkandung didalamnya, perlu dilakukan edible coating. Salah satu bahan edible coating yang ramah lingkungan dan jarang dimanfaatnkan adalah pati kulit singkong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edible coating pati kulit singkong terhadap kualitas tomat pasca panen dan untuk mengetahui potensi hasil penelitian sebagai sumber belajar IPA kelas 8 materi zat aditif. Penelitian ini merupakan penelitian Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 2 faktor yaitu konsentrasi edible coating (0%, 1.5%, 3%, dan 6%) serta lamanya waktu penyimpanan (0 hari, 4 hari, 8 hari, dan 16 hari). Parameter yang diamati yaitu organoleptik tomat (warna, aroma, tekstur), susut bobot, kandungan likopen ,dan kandungan β- karoten. Hasil penelitian dianalisis dengan uji regresi dan anova, selanjutnya potensi hasil penelitian sebagai sumber belajar dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, hasil menyatakan konsentrasi edible coating pati kulit singkong dengan konsentrasi 3% merupakan perlakuan terbaik karena mampu mempertahankan kesukaan panelis terhadap organoleptik, menghambat susut bobot, dan mampu menekan kenaikan likopen serta β-karoten secara signifikan. Berdasarkan analisis potensi hasil penelitian sebagai sumber belajar, laporan hasil penelitian ini sudah memenuhi syarat sebagai sumber belajar yang dapat dikembangkan menjadi handout zat aditif makanan.

Kata Kunci: edible coating, kulit singkong, tomat (Solanum lycopersicum), organoleptik, likopen, β-karoten, sumberbelajar

Kualitas Butir Soal Penilaian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 2 Banguntapan

Oleh Diah Apit Manfangati dan Nani Aprilia

Abstrak

Tes sebagai salah satu alat untuk mengukur hasil belajar siswa perlu diukur kualitasnya dari segi kesahihan dan keandalan, sehingga informasi yang dihasilkan akurat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi kualitas butir soal Penilaian Akhir Semester Gasal tahun ajaran 2019/2020 mata pelajaran Biologi Kelas XI di SMA Negeri 2 Banguntapan secara kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek seluruh siswa kelas XI MIA dan objek penelitian berupa lembar jawab PAS siswa yang berjumlah 121 lembar. Teknik pengumpulan data ini berupa dokumentasi dan observasi. Analisis data dilakukan melalui analisis secara kuantitatif menggunakan AnBuSo versi 8.0 dan SPSS serta analisis secara kualitatif menggunkan kartu telaah butir. Hasil analisis butir soal menunjukkan (1) 12% soal berkategori baik; (2) 4% soal revisi pengecoh; (3) 10% soal berkategori cukup baik; dan (4) 74% soal berkategori tidak baik. Berdasarkan hasil telaah butir soal oleh penelaah ditemukan beberapa nomor yang harus diperbaiki karena belum sesuai dengan kaidah penulisan soal yang baik, (1) soal yang belum sesuai dengan aspek materi yaitu nomor 1, 4, dan 16; (2) soal yang belum sesuai dengan aspek konstruksi yaitu nomor 8, 15, 22, 23, 28, dan 50 serta; (3) soal yang jawabannya terbalik yaitu nomor 6 dan 44.

Kata Kunci: Analisis Butir Soal, AnBuSo, Penilaian Akhir Semester (PAS)

The Effect Of Enzymes Concentration From Aspergillus niger In Dragon Red Peel Fermentation To The Reduction Glucose and Bioethanol Concentration As A Source Of Learning Material In Biotechnology Class XII

Oleh Defi Yulianti

Abstrak

Kebutuhan energi bahan bakar yang berasal dari fosil meningkat seiring dengan meningkatnya pertumbuhan industri dan ekonomi sedangkan cadangan sumber energi tersebut terbatas. Diperlukan energi alternatif terbarukan yaitu bioetanol. Produksi bioetanol dapat dikembangkan menggunakan bahan yang memiliki kandungan selulosa seperti kulit buah naga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi enzim dari Aspergillus niger terhadap kadar gula dan bioetanol hasil fermentasi kulit buah naga merah, dan untuk mengetahui potensi dari laporan hasil penelitian untuk dijadikan sebagai sumber belajar biologi SMA kelas XII pada materi Bioteknologi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan satu faktor yaitu konsentrasi Aspergillus niger meliputi 3%, 6%, 9% 12% dan 15%. Data penelitian dianalisis dengan analisis regresi, mengetahui hubungan konsentrasi enzim dari Aspergillus niger terhadap kadar gula reduksi dan bioetanol, dilanjutkan dengan uji ANOVA untuk melihat adanya perbedaan tiap perlakuan dan uji BNT 5%. Telaah potensi sebagai sumber belajar berdasarkan syarat- syarat hasil penelitian dengan cara mengidentifikasi proses dan produk penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi enzim dari Aspergillus niger berpengaruh terhadap kadar gula dan bioetanol. Konsentrasi 9% merupakan konsentrasi enzim yang paling efektif untuk produksi gula reduksi dan konsentrasi 12% merupakan konsentrasi enzim yang paling efektif untuk produksi bioetanol. Berdasarkan analisis potensi sumber belajar biologi SMA kelas XII, hasil penelitian berpotensi sebagai sumber belajar biologi SMA untuk memperoleh aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa kelas XII pada materi Bioteknologi.

Kata Kunci: Aspergillus niger, Kulit buah naga, gula reduksi, bioetanol, bioteknologi

Evaluasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran IPA (Biologi) Berbasis Scientific Approach Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah Se-Kecamatan Kalasan

Oleh Azkia Hasna Nuha Imana dan Nani Aprilia

Abstract

The background in this study is that 50% of teachers do not yet have a lesson plan to teach, the lesson plan in schools is not in accordance with the requirements of Permendikbud No. 22 of 2016 concerning Process Standards, lesson plans made by teachers are not in accordance with the adequacy of the Scientific Approach components, and lesson plans made are not implemented in the learning process. Natural Sciences (Biology) Subjects RPP Based on Scientific Approaches Class VIII at Muhammadiyah Middle Schools in Kalasan District. This research is an evaluation research. The object of this research is the RPP of Natural Sciences (Biology) which consists of a year RPP in class VIII at Muhammadiyah Middle School in Kalasan District. Data collection techniques by observation, with the research instrument in the form of an observation sheet containing a checklist. The results showed: (1) the suitability of the components of the learning plan (RPP) of Natural Sciences (Biology) in Muhammadiyah Middle Schools in Kalasan District that had fulfilled the Permendikbud component included in the good category, with a contribution of 91.04%; (2) the adequacy of the Scientific Approach component in the learning plan (RPP) of Natural Sciences (Biology) in the Muhammadiyah Middle School in Kalasan District is included in the good category, with a contribution of 88.21%.

Key Words: Evaluation; RPP; Scientific Approach 

Analisis Kemampuan Guru IPA (Biologi) dalam Menyusun Instrumen Penilaian Kognitif (Test) Sesuai dengan Kurikulum 2013 Di SMP Muhammadiyah Kota Yogyakarta

Oleh Adiyanti dan Nani Aprilia

Abstrak

Perubahan kurikulum 2013 tentunya berdampak bagi pembelajaran yaitu salah satunya system penilaian kepada peserta didik. Banyak guru yang belum memperhatikan prosedur dalam Menyusun instrumen tes sebagai alat penilaian menjadi latarbelakang dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk kesesuaian langkah pengembangan menyusun instrumen tes serta persentase ketercapaian yang sudah dilakukan guru dalam mengembangkan instrumen tes. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah guru IPA SMP Muhammadiyah kota Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan wawancara. Instrumen pengumpulan data yang digunakan ialah lembar angket dan pedoman wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan dalam menyusun instrumen penilaian kognitif sesuai dengan kurikulum 2013 di SMP Muhammadiyah se Kota Yogyakarta yaitu guru melakukan tahapan penyusunan instrumen penilaian kognitif mencapai 82,96% memperoleh kategori baik dan tingkat ketercapaian dalam skor rata-rata mencapai 3,31 dari skala 4. Kendala dalam menyusun instrument penilaian tes dalam implementasi kurikulum 2013 pada guru di SMP Muhammadiyah Kota Yogyakarta mata pelajaran IPA adalah banyaknya instrumen dan teknik penilaian yang harus diterapkan dan terkendala oleh waktu yang sangat singkat.

Kata Kunci: Analisis; Penilaian Kognitif; Instrumen Tes; IPA (Biologi)