Upaya Memaksimalkan Layanan Bimbingan dan Konseling Secara Online pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP N 2 Pajangan

Oleh: Rheiga Putri Andini, Devi Ilmia Sari, & Wahyu Nanda Eka Saputra

Abstrak:

Layanan Bimbingan Konseling merupakan sesuatu bagian penting dalam Bimbingan dan Konseling. Dengan memaksimalkan layananan Bimbingan Konseling peserta didik mampu berkembang kearah yang lebih baik. Dimasa penyebaran Covid-19 seperti sekarang ini, yang mengharuskan peserta didik belajar dirumah dan mengikuti kegiatan sekolah dengan cara online. Walaupun dilakukan secara online layanan Bimbingan dan Konseling harus tetap berjalan dengan sebagaimana mestinya dengan memanfaatkan media elektronik yang ada agar layanan Bimbingan Konseling dapat diberikan dan diterima dengan optimal..

Kata Kunci: bimbingan dan konseling, covid-19, online.

Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Di SD Muhammadiyah Dadapan

Oleh Agnes Intan Sapitri, Khalish Nur Wahdah, dan Asih Mardati

Abstrak

Penelitian ini dibuat berdasarkan adanya pembelajaran dalam jaringan (daring) yang dilakukan oleh seluruh satuan pendidikan yang disebabkan oleh Covid-19. Pembelajaran seperti ini jarang dilakukan oleh satuan pendidikan, namun dikarenakan adanya Covid-19 ini maka seluruh satuan pendidikan di Indonesia diharuskan melakukan pembelajaran daring. Pembelajaran daring menurut Kabar yang beredar kurang efektif, dikarenakan pandemi datang dan belum adanya persiapan yang maksimal dari berbagai pihak. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengidentifikasi siswa SD Muhammadiyah Dadapan dan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran daring yang dilakukan di sekolah dasar selama pandemi Covid-19 ini terjadi. Selain itu penulisan ini juga dilakukan untuk mengetahui bagaimana kekurangan dan kelebihan sistem pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan dengan studi kepustakaan, dengan mengumpulkan berbagai jurnal atau dokumen yang membahas mengenai sitem pembelajaran di SD Muhammadiyah Dadapan.

Kata Kunci: Teknologi, Pembelajaran Daring, Covid-19, Sekolah Dasar

Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Siswa di SD Muhammadiyah Ngadiwinatan, Yogyakarta.

Oleh: Vidya Safitri, Vony Agustina Boru Morangkir, Fery Setyaningrum

Abstract:

The research conducted aims to explore the use of information technology in the implementation of the teaching and learning process at SD Muhammadiyah Ngadiwinatan during the COVID-19 pandemic. The research method used is a library method. Education in Indonesia is currently very influential in terms of the learning system due to the COVID-19 pandemic. The use of information technology in the learning process was very supportive during the COVID-19 Pandemic. The development of information technology is currently able to connect teachers and students through applications in the form of WhatsApp group, e-learning, zoom google doc, google classroom or google form. The Ministry of Education and Culture facilitates an online learning platform for students for free through the “Rumah Belajar” program through the national television station, namely TVRI, to provide learning materials that are in the Home Study program for areas that are constrained by learning online. Grade I-III students use the whatsapp group application as an alternative in online learning while grade IV-VI students use the whatsapp group and zoom application. The role of parents and teachers is very important in the online teaching and learning process.

Key Words: covid-19, online learning, information technology

EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN KEJUJURAN DI SD MUHAMMADIYAH NGABEAN 1

Oleh: Yuliana Widyaningrum, Nisa Suharni, Septiana Ardaliza & Suyitno

Abstract:

The research was intended to know the education of character that was there at Muhammadiyah Elementary School Ngabean 1 Muhammadiyah Elementary School Ngabean 1 applied the value of both the character of discipline and honesty. This research was uses qualitative research. The study was conducted at Muhammadiyah Elementary School Ngabean 1, with this research subject teachers and students. The research using triangulation for data retrieval techniques combining several data retrieval with existing resources. In this research using data collection techniques for observation and interview. Research results in implementing a disciplined and honest character education at Muhammadiyah Elementary School Ngabean 1 for learning using the whatsapp group as well as the use of Google form that is commonly used for kind of test.

Key Words: Character building, honest, discipline, and elementary school.

Profil Minat Siswa Terhadap Layanan Bimbingan Dan Konseling Di SMP Negeri 2 Pandak Bantul

Oleh: Annisa Nur Rahmawati, Gilang Ramadhan, Isfirahdianto, Amien Wahyudi

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rendahnya minat siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling, memahami dan mengeksplorasi pentingnya tujuan layanan bimbingan dan konseling, memahami dan mengeksplorasi persepsi siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling, mengeksplorasi strategi yang dapat dilakukan untuk menangani rendahnya minat siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling. Adapun permasalahan penelitian ini adalah peserta didik kurang memahami pentingnya layanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 2 Pandak Bantul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data menggunakan waawancara terhadap guru BK untuk medapatka data.

Kata Kunci: Minat, Bimbingan, Konseling

PERAN GURU BK / KONSELOR DALAM PENCEGAHAN TINDAKAN BULLYING

Oleh: Ch Mutiara Fajrin, Anisa Nur Azizah, Alif  Muarifah

Abstrak :

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui : (1) Bentuk – bentuk bullying yang terjadi pada siswa di SMP 3 Banguntapan, (2) Peran Guru BK / Konselor di SMP 3 Banguntapan terhadap bullying, (3) Hambatan yang dialami Guru BK / Konselor dalam mengatasi kasus bullying di SMP 3 Banguntapan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif, informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bk / konselor, pelaku dan korban. Teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Data dianalisis interaktif dengan cara reduksi data, penyajian data, kemudian menarik kesimpulan. Teknik pemeriksa keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi. Bullying merupakan istilah untuk tindakan kekerasan atau penindasan yang dilakukan oleh pihak yang lebih kuat baik dari segi umur, kekuatan, kekuasaan kepada pihak yang lemah. Bentuk dari perilaku bullying yaitu Bullying fisik, bullying verbal dan bullying mental/psikologis yang dapat berdampak buruk kepada korbannya, seperti lebam, luka, sakit, penakut, dan lain Sebagainya dan untuk jangka panjang yaitu terganggunya kondisi psikologis dan penyesuaian sosial yang buruk. Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor memiliki peranan penting dalam mencegah dan menanggulangi bullying di sekolah, untuk itu diperlukan pelayanan yang efisien dan komprehensif kepada seluruh siswa dengan menggunakan berbagai keterampilan dan media yang dapat membantu kinerja Guru BK/Konselor dalam menangani bullying.

Kata Kunci: Peran Guru BK / Konselor, Bullying

Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika Menggunakan Bantuan Video pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas X MIPA 2 SMA N 1 Sewon

Oleh: Arifiana Yulianti, Niswah Rusyda Rafi’, &Ariati Dina Puspitasari

Abstract:

The purpose of the research carried out is to improve students’ abilities in solving physics problems amid online learning which is carried out as one of the policies of the government to implement policies to maintain distance and temporarily stop all public activities in the midst of the Covid-19 pandemic. This online learning method utilizes LMS media and provides an explanation of physics material using video as a face-to-face substitute. In online learning, X MIPA 2 class students at SMA N 1 Sewon got the result that giving videos apparently did not make students improve their ability to solve questions and instead made students’ average scores decrease. This is because the video concept is less attractive to students or because the material presented is getting more complicated so that students find it difficult to understand the material if only with the help of videos.

Key Words: Classroom action research (PTK), Learning, Online, Media, Video.

Ketertarikan Belajar Matematika Secara Daring Ditinjau Dari Durasi Video Pembelajaran

Oleh Dewvy Nur Anisa dan Aan Hendroanto

Abstract:

Interest in learning is often a separate problem in learning mathematics, there are several factors that affect student learning interest, one of which is the duration of the learning video. Therefore, this study aims to examine students’ learning interest in terms of the duration of the learning video. The research method used in this research is descriptive qualitative method conducted at SMP Muhammadiyah Kretek Bantul Regency. The subjects in this study were students of class VII Class 2020/2021 with a total of 32 students, 17 students were taken randomly from class VII A and VII B. The data collection technique used a learning interest questionnaire using google form which was given after learning. The results of this study indicate that students are more interested in long duration learning videos.

Key Words: Passion, Learning Media, Online learning

MENUMBUHKAN SIKAP MANDIRI KEPADA SISWA SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE DAMPAK COVID-19

Oleh Nur Hamzaha, dan Audina Firdauzy

Abstrak

Hampir diseluruh belahan dunia pada saat ini terkena dampak dari Virus Disease atau biasa kita sebut dengan virus Covid-19. Virus ini pada awalnya berasal dari Negara China yang titik penyebarannya adalah didaerah Wuhan. Virus covid-19 ini sangatlah berbahaya, virus ini menyerang saluran pernafasan dan bias menyebabkan kematian pada seseorang dan virus ini sangat cepat sekali penyebarannya, bahkan hingga saat ini belum ada obat ataupun vaksin untuk menangani virus ini. Di Indonesia, jumlah orang yang terkena virus ini, semakin hari semakin bertambah dan jumlahnya semakin meningkat. Adanya wabah ini, sangat berdampak besar diseluruh aspek, baik dari segi mental, sosial, budaya, ekonomi hingga dunia pendidikan terkena dampaknya. HampIr diseluruh jenjang pendidikan, yang awalnya dilakukan secara tatap muka dirubah menjadi daring/pjj (pembelajaran jarak jauh). Artikel ini bertujuan menjelaskan dampak dari karakter mandiri terhadap siswa ketika pembelajaran daring berlangsung. Kesimpulan dari artikel ini adalah adanya penanaman sebuah karakter kemandirian selama pembelajaran daring di Sekolah Menengah Atas (SMA).

Kata Kunci: Kemandirian, Pembelajaran

 

Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi COVID-19

Oleh Indah Nira Natallia, I’nayatu Dini, dan Artha Prima Bagaskara

Abstrak

Fenomena covid-19 mengharuskan pemerintah mengeluarkan kebijakan belajar dari rumah untuk semua siswa di Indonesia. Kebijakan belajar di rumah menuntut adanya motivasi yang tinggi dari siswa untuk belajar, sedangkan yang terjadi pada saat ini adalah menurunnya motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan siswa yang malas mengumpulkan tugas dan belajar secara mandiri di rumah. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, salah satunya adalah proses pembelajaran yang kurang menyenangkan dan suasana lingkungan siswa untuk belajar. Dengan adanya motivasi belajar yang tinggi siswa mampu belajar dengan metode student centered sehingga memunculkan tanggung jawab yang tinggi dan menumbuhkan kemandirian dalam belajar.

Kata Kunci: Motivasi belajar;student centered; covid-19