ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS I PADA PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMIC COVID-19 DI SD MUHAMMADIYAH GIRIKERTO SLEMAN YOGYAKARTA

Oleh: Haerul Amar, Sri Wulandari, Kirana Prama Dewi

Abstrak:

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kondisi motivasi belajar yang dialami siswa kelas satu sekolah dasar pada masa pandemic covid-19 sekarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif, Penelitian dilakukan di SD Muhammadiyah Girikerto Sleman. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Angket atau Kuisioner, survey ke sekolah, serta proses wawancara yang dilakukan dengan guru kelas hingga para siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada saat pembelajaran daring motivasi belajar siswa tetap baik, siswa tidak mendapatkan hambatan dalam mengikuti pelajaran selama dirumah. Orang tua Siswa dan guru menjalin komunikasi yang baik ketika pembelajaran daring, orang tua membantu siswa dalam kegiatan pembelajaran selama dirumah. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi evaluasi berbagai pihak dalam menyelenggarakan pembelajaran daring di sekolah dasar terutama yang melibatkan motivasi didalamnya, penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi bahan kajian bagi peneliti lain dalam menganalisis dan mengembangkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring pada masa darurat di sekolah dasar.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pandemic Covid-19, Pembelajaran Daring

Kemampuan Literasi Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19

Oleh Intan Melani, Rany Maylani, Wiwin Lestari, dan Dwi Hastuti

Abstract

Early Childhood Education Institutions (PAUD) have a very important role in implementing learning during the Covid-19 pandemic. Both teachers and parents have to make adjustments to learning activities that are usually carried out face-to-face at school, but during the pandemic this is now done at home. This condition becomes a big challenge for PAUD units to be able to design lesson plans for children while studying at home. In accordance with Circular Number 15 of 2020 concerning Guidelines for Organizing Learning from Home in an Emergency for the Spread of Covid-19, it is stated that the purpose of implementing BDR is to ensure the fulfillment of the rights of students to get educational services during the Covid-19 emergency, students get a learning experience that is meaningful without being burdened with demands to complete all curriculum achievements and is focused on life skills education. (Kemendikbud, 2020). Literacy awareness in the community, especially parents at home, greatly affects the potential for children’s literacy development in the community. Teachers are expected to provide facilities that support children’s literacy development by making play activities such as reading, writing, listening, observing, and utilizing information technology by creating storytelling video content, audio telling stories, and so on. As for parents, it is advisable to invite children to communicate by inviting discussion on all matters, providing reading books at home, and retelling stories that have been read.

Key Words: Early Childhood, Literacy, implementing BDR

KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI SD MUHAMMADIYAH TRISIGAN

Oleh Indry Anggreini, Rikho Yudhistira Aditya Rahman, Yudha Eka Sri Atmaja, dan Vera Yuli Erviana

Abstrak

Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran di SD Muhammadiyah Trisigan dalam pembelajaran secara daring. Dalam pembelajaran daring, pendidik harus berkreativitas agar dalam pembelajaran daring di masa pandemi ini berjalan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Untuk media pembelajaran di era pembelajaran daring ini disesuaikan dengan kurikulum dan kemampuan pendidik dalam membuat suatu media yang berkesan menyenangkan bagi peserta didik dan tidak membosankan dalam pembelajaran tetapi tetap efektif sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Trisigandenganobjek penelitian rekan PLP II yang mengajar menggunakan media google clasroom, jenis metode penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan melakukan, observasi, dokumentasi dan analisis dengan model data kualitatif Milles & Huberman yang terdiri dar itia tahap, yakni reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.

Kata Kunci: Keefektifan, Pembelajaran daring, Google Classroom, Sekolah Dasar.

Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas SMA NEGERI 1 BANTUL tahun ajaran 2020/2021

Oleh: Intan Ayu Pangestika, Putri Ani Saumarachmawati, Fajar Fitri

Abstract:

This study aims to describe the effectiveness of the use of power point media on learning outcomes in social studies subjects for Grade VII students of SMP Negeri 3 Pontianak. With the research problem “how the effectiveness of the use of power point media on the learning outcomes of class X SMA Negri 1 Bantul?”. The method used was an experimental method with quasyexperimental form (quasi-experimental), One Shot Case Study design, techniques using direct measurement and observation. The results showed that learning using power point media was more effective in improving student learning outcomes in physics class X SMA Negri 1 Bantul.

Key Words: power point, media, learning

IMPLEMENTASI MEDIA ULAR TANGGA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK

Oleh Akmalia Siwi Mentari, Fitri Pratiwi, dan Agung Budi Prabowo

Abstrak

Media ular tangga merupakan salah satu media yang digunakan dalam bimbingan dan konseling yang bisa dimanfaatkan oleh konselor dan peserta didik. Media ular tangga ini bisa digunakan dalam layanan bimbingan dan konseling untuk membantu peserta didik dalam proses pembelajarannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kepustakaan. Layanan bimbingan kelompok ini bertujuan untuk mengembangkan sosialisasi peserta didik, khususnya kemampuan komunikasi anggota kelompok. Oleh karena itu, penggunaan media ular tangga dalam layanan bimbingan kelompok diharapkan bisa menjadi alternatif dalam membantu peserta didik pada proses pembelajarannya.

Kata Kunci: Media ular tangga, layanan bimbingan kelompok.

Implementasi Layanan Home Visit di SMA Negeri 3 Bantul Pada Masa Pandemi Covid-19

Oleh Melisa Dewi, Ade Rendi Mulyana, dan Wahyu Nanda Eka Saputra

Abstrak

Dalam kegiatan belajar dari rumah banyak persoalan dan ketertimpangan yang dirasakan langsung oleh peserta didik dan akibatnya banyak kendala yang terjadi diluar ekspektasi. Untuk mengetahui kondisi peserta didik dalam melakukan pembelajaran dari rumah dan hambatan yang terjadi dilakukannya kegiatan kunjungan rumah atau home visit. Kegiatan home visit sangat diperlukan pada masa covid-19. Hal ini selaras dengan pendapatnya Yusuf Gunawan (2001: 237) menyatakan bahwa perlunya dilaksanakan home visit, adalah sebagai berikut; (1) jika permasalahan yang dihadapi siswa ada sangkut pautnya dengan masalah keluarga, (2) keluarga sebagai salah satu sumber data yang dapat dipercaya tentang keadaan siswa, (3) dalam kegiatan bimbingan diperlukan kerjasama antara guru bimbingan dan konseling (BK) dengan orang tua, (4) faktor situasi keluarga memegang peranan penting terhadap perkembangan dan kesejahteraan anak. Dalam melaksanakan kegiaatan home visit perlu kolaborasi dengan beberapa pihak yaitu dengan guru pelajaran, wali kelas, dan juga orang tua peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara detail dan akurat kondisi lingkungan peserta didik pada saat melakukan belajar dari rumah. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan metode deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik sudah merasakan kejenuhan dalam proses belajar dari rumah dan mengalikan kegiatan belajarnya untuk melaksanakan kegiatan lain misalnya membantu orang tua dan bahkan ada juga yang mengalihkan untuk berjualan makanan di angkringan pada setiap malamnya.

Kata Kunci: home visit, belajar dari rumah, covid-19

Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemic Covid-19 Terhadap Siswa di SMK Muhammadiyah Piyungan

Oleh: Syehrlin Riftyan, Trisma Adilla Putri,& Wahyu Nanda Eka Saputra

Abstract:

This article aims to find out how the level of understanding of learning of students in learning through online methods. This type of research is descriptive qualitative in-depth interviews with student. The focus of this research is the communication problems that arise during the implementation of online learning and the level of understanding of student learning conducted during the Covid-19 pandemic. The results of this study indicate that in the implementation of online learning many problems are found that cause enthusiasm for learning and the level of understanding of student learning to decline.

Key Words: students, online learning, covid-19

Implementasi Pembelajaran Online Berbasis Asynchronous (Google Classroom)

Oleh Ismi Rodiyah Sukmawati, Mochammad Fernanda Al Wali, dan Agus Supriyanto

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan implemtasi pembelajaran berbasis online menggunakan aplikasi google clasroom. Beberapa aplikasi atau platform banyak sekali dimanfaatkan dalam dunia pembelajaran online salah satunya adalah google classromm sebagai media interaksi kelas virtual tanpa adanya tatap muka bisa share materi di platform tersebut. Dalam masa pandemi covid-19 peneliti menggunakan metode adalah metode kajian literatur dimana peneliti melakukan serangkaian penelitian yang melibatkan berbagai informasi yang berasal dari ke pustakaan. Untuk mendapatkan berbagai informasi tentang implementasi pembelajaran berbasis online menggunakan aplikasi google clasroom dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dimasa pandemi covid-19. Dengan menggunakan aplikasi google classroom pengguna dapat melaksanakan pembelajaran secara daring di masa pandemi.

Kata Kunci: Google Classroom, Pembelajaran; Jarak Jauh

Pelaksanaan Layanan Konseling Dalam Mengatasi Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Oleh: Itsna Syahid Ainurrofiq, Intan Nur Sakina, Amien Wahyudi

Abstrak:

Adanya aturan physical Distancing pada masa pandemic Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) hampir merubah semua aspek kehidupan, seperti aspek kesehatan, ekonomi, sosial, dan dalam dunia pendidikan. Dunia pendidikan berubah pada proses belajar yang pada awalnya bertatap muka atau dengan cara virtual. Pada fenomena pembelajaran jarak jauh seperti saat ini banyak membuat repot bagi guru atau pendidik. pandemi seperti ini memaksa pendidik untuk menggunakan media daring. Media daring adalah salah satu alternatif yang sangat membantu bagi pendidik dalam proses pembelajaran. Banyak media daring yang bisa digunakan saat ini baik melalui google classroom, whatsapp groupchat, zoom, google meet, email, telegram,dll. Semua media daring juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masingmasing, maka pemilihan media harus sesuai dengan peruntukannya, menarik perhatian peserta didik, bahkan bisa dengan mengkolaborasikan penggunaan media daring menjadi sangat penting bagi proses pembelajaran agar berjalan secara optimal.

Kata kunci: Mengatasi kecemasan siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh

POLEMIK PEMBELAJARAN DARING PADA TINGKATAN TAMAN KANAK-KANAK DI TK ABA KARANGKAJEN YOGYAKARTA

Oleh Fitri, Ihza, dan Ega Asnatasia Maharan

Abstract

SARS-COV-2 entered Indonesia to have a major impact on all levels of society. The home learning system is also implemented in TK ABA Karangkajen through video calls and provides various versions of play activities for children. Online learning makes parents have to be extra in dividing their time in providing assistance with work outside the home. In addition, the limitations of communication tools and providing encouragement as motivation to children are also obstacles for parents. Meanwhile, from the children’s point of view, there is a lack of interest in learning. The study was conducted using a quantitative descriptive survey method with 6 respondents from 11 existing respondents and was carried out within 2 days.

Key Words: Polemic, Online Learning, Kindergarten