ROBOT UAD: R-SCUAD HUMANOID ROBO SOCCER LOLOS ROBO CUP ASIA-PASIFIC DI KOREA SELATAN

Robot Sepakbola R-SCUAD Humanoid lolos pada event bergengsi Robo Cup Asia- Pasific (RCAP) yang akan diselenggarakan di Korea Selatan pada 5-9 Desember 2023. Tim terdiri dari Hamdandih (Ketua/Informatika), Ahmad  Rudiansyah (Teknik Industri/Anggota), Abdullah Fadli Yusuf (Teknik Elektro/Anggota), dan Nuryono Satya Widodo, ST, Meng (Dosen Pendamping).

Ketua Tim R-Scuad UAD Hamdandih menyampaikan bahwa pada lomba RCAP tersebut Tim R-SCUAD  akan rnengikuti salahsatu kategori  lomba  yaitu  kategori  RoboCupSoccer Humanoid  (Kid  Size) yang  akan diadakan di Apensia Convention Center, PyeongChang, South Korea.

Kategori  Robo Cup Soccer Humanoid (Kid Size) tim diharuskan untuk merancang robot dapat bermain bola sesuai dengan peraturan yang ditetapkan panitia. Robot harus bisa mengejar bola, menggiring, menendang, dan melempar bola, serta melakukan komunikasi baik antar robot maupun wasit serta melakukan positioning,” terang Hamdandih mahasiswa dari program studi Informatika.

Kegiatan lomba yang Tim R-SCUAD ikuti ini, terdiri dari kegiatan pendaftaran ulang, babak penyisihan grup serta pemenang dari grup yang ditentukan akan di head to head untuk ke babak selanjutnya, yaitu seperti permainan bola pada umumnya.

“Robot secara mandiri harus sebanyak-banyaknya membuat goal ke gawang tim lawan. Berbeda dengan kompetisi nasional, di kompetisi internasional robot harus benar-benar mandiri,” imbuhnya.

Sementara Nuryono Satya Widodo, M.Eng. sebagai dosen pendamping tim R-Scuad menyampaikan tentang tim yang diikutsertakan pada event ini adalah tim yang memang memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan juara. Tim R-Scuad secara konsisten dari tahun ke tahun menunjukkan performa yang baik dalam berbagai kompetisi. Sehingga robot ini sangat layak untuk dikompetisikan pada level internasional.

“Alhamdulillah R-Scuad lolos dari tahap-tahap yang diikuti. Kami berharap mahasiswa dapat mendapatkan banyak tambahan ilmu, pengalaman, dan informasi terkait perkembangan robotika di level internasional. Syukur jika berhasil meraih juara seperti tahun-tahun sebelumnya,”tambah Nuryono yang juga Ketua Tim Pembina RDC UAD.