TIM PPKO HMPS PGSD UAD MELAKUKAN SOSIALISASI MENGENAI KETAPEL

Gunungkidul, 16 Juli 2023 – Tim PPK Ormawa HMPS PGSD telah selesai melaksanakan kegiatan dari salah satu program kerja menjadikan Desa Tepus sebagai Desa Olahraga Ketapel. Adapun kegiatan yang dimaksud adalah melakukan sosialisasi mengenai bentuk dan motif batik yang akan diterapkan dalam Ketapel. Adapun tempat berlangsungnya kegiatan ini berada di Balai Padukuhan RW 03 Dusun Pakel, Desa Tepus, Gunungkidul dari pukul 8.00 – 11.00 WIB. 

Peserta yang hadir dalam menyukseskan kegiatan ini adalah 6 orang perwakilan dari tiap Karang Taruna Dusun Pacungan, Pudak, dan Dongsari dan 10 orang perwakilan Karang Taruna Dusun Pakel. Semua karang taruna ini adalah bagian dari karang taruna Desa Tepus. Adapun untaian acara yang dilakukan sebelum ke acara inti adalah sambutan dari Ella Kusuma Wardani selaku ketua Tim PPK Ormawa HMPS PGSD UAD sebagai pembukaan. Setelah itu, peserta undangan memperhatikan penyampaian materi sosialisasi dari anggota tim PPK Ormawa HMPS PGSD UAD yaitu saudara Ikhwani Amirul Mukmin yang menjelaskan tentang apa itu ketapel, asal usul dari ketapel, pemilihan ketapel yang nyaman ketika dipakai, dan teknik menggunakan ketapel secara singkat sekaligus mempraktekkan cara pemakaian ketapel dan bagaimana ketapel tersebut mempunyai nilai jual yang tinggi. 

Sedangkan untuk motif batik yang akan digunakan sebagai hiasan tambahan pada ketapel dilakukan diskusi dengan peserta kegiatan bersama bapak dukuh Pakel. Adapun motif batik yang telah ditentukan yaitu mengusung tema motif batik tumbuhan yang sering dijumpai di Desa Tepus. Untuk penutup kegiatan, para peserta kegiatan bersama tim PPK Ormawa HMPS PGSD UAD melakukan sesi foto bersama. Kegiatan berjalan lancar dan peserta mengikuti kegiatan dengan baik. Dengan pelaksanaan kegiatan ini, dapat diharapkan masyarakat Desa Tepus mengenal dan memahami secara singkat mengenai Ketapel sebagai alat olahraga yang akan digunakan di Desa Tepus sekaligus akan menjadi icon dari desa tersebut melalui pengembangan sentra kerajinan Ketapel.