PENGARUH AYANA JIHYE MOON SEBAGAI SPOKESPERSON TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK WARDAH DI YOGYAKARTA
Oleh: Rika Permatasari
Abstrak:
Kosmetik telah menjadi kebutuhan primer bagi kaum wanita. Hal ini memunculkan kesempatan untuk para pelaku bisnis dalam menciptakan produk kecantikan yang dapat menunjang keinginan wanita tersebut. Tak kalah dengan negara lain, di Indonesia sudah banyak perusahaan yang mengeluarkan produk kecantikan. Wardah adalah salah satu kosmetik lokal yang berhasil bersaing di pasar kosmetik Indonesia. Strategi komunikasi pemasaran Wardah dengan menggunakan public figure sebagai spokesperson. Wardah baru saja menunjuk Ayana Jihye Moon, selebgram asal Korea Selatan sebagai Spokesperson. Meskipun Ayana memiliki penggemar yang banyak di Indonesia namun Ayana adalah orang Korea. Sedangkan produk Wardah terkenal dengan produk lokal asli Indonesia yang disesuikan khusus dengan kulit orang Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah follower Instagram akun @wardahbeautyjogja yang merupakan official store Wardah yang ada di jogja dengan jumlah 100 orang yang diperoleh dengan teknik random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Pearson’s Product Moment dan analisis regresi linear sederhana. Ayana Jihye Moon sudah memenuhi variabel spokesperson dengan indikator Keahlian, dapat dipercaya dan likability. Namun Ayana Jihye Moon kurang dapat mempengaruhi variabel minat beli konsumen dalam indikator minat transaksional, minat referensial, minat preferensial dan minat eksploratif. Terdapat pengaruh antara Spokesperson terhadap minat beli konsumen sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.
Kata Kunci: Spokesperson, Minat Beli Konsumen, Kosmetik