Hubungan Pola Asuh Demokratis dan Efikasi Diri Dengan Kematangan Karir Mahasiswa Tingkat Akhir
Oleh Ruri Mila Oktari dan RR. Erita Yuliasesti D
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis dan efikasi diri dengan kematangan karir mahasiswa tingkat akhir. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada tanggal 16 Desember sampai 22 Desember 2019 di Fakultas Psikoogi Universitas Ahmad Dahan Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan skala sebagai alat pengumpulan data. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pola asuh demokratis, efikasi diri dan kematangan karir. Penelitian ini menggunakan studi populasi yang melibatkan 175 mahasiswa psikologi semester 7. Data dianalisis dengan menggunakan teknik normalitas dan linearitas. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan r = -0,117 p = 0,000 (p<0,01) bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis dan efikasi diri dengan kematangan karir. Sehingga dapat disimpulkan semakin tinggi pola asuh demokratis dan efikasi diri maka tingkat kematangan karir tinggi. Sebaliknya, semakin rendah pola asuh demokratis dan efikasi diri maka kematangan karirnya rendah. Nilai koefisien determinasi (R2) antara pola asuh demokratis dan efikasi diri dengan kematangan karir sebesar 0,034. Artinya pola asuh demokratis dan efikasi diri memberikan sumbangan efektif sebesar 3,4%Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah ada korelasi yang signifikan antara pola asuh demokratis dan efikasi diri dengan kematangan karir.
Kata kunci: Pola asuh deokratis, efikasi diri, kematangan karir mahasiswa tingkat akhir.