Strategi Publikasi Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung di Balai Layanan Perpustakaan Grahatama Yogyakarta
Oleh Erdi Wahyudi Febri
Abstrak: Penelitian ini membahas strategi publikasi dalam meningkatkan jumlah pengunjung di Balai Layanan Perpustakaan Grahatama Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbekangi oleh persoalan kurangnya minat pengunjung di Balai Layanan Perpustakaan Grahatama yang berbanding terbalik dengan fasilitas yang ada sebagai penunjang besarnya minat pengunjung di Balai Layanan Perpustakaan Grahatama. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi publikasi dalam meningkatkan jumlah pengunjung di Balai Layanan Perpustakaan Grahatama Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga cara, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) strategi publikasi yang dilakukan oleh Balai Layanan Perpustakaan Grahatama Yogyakarta untuk meningkatkan jumlah pengunjung di antaranya dengan menggunakan leaflet, brosur, acara, website, facebook dan instagram. (2) Berdasarkan penerapan strategi publikasi yang telah dilakukan oleh Balai Layanan Perpustakaan Grahatama Yogyakarta tersebut, maka terjadi peninkatan jumlah pengunjung setiap tahunnya.
Kata kunci: Strategi Publikasi, Balai Layanan Perpustakaan Grahatama Yogyakarta