Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Oleh Asri Ainun Habibah, Sumargiyani, dan Rany Vidya Rosya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa, dalam materi Aritmatika Sosial pada siswa kelas VII E SMP Negeri 15 Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi, lembar wawancara, tes, dan catatan lapangan. Lembar observasi digunakan untuk melihat adanya aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar setelah menerapkan model pembelajaran PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model tersebut dapat memperbaiki aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data setelah dilakukan tindakan diperoleh bahwa rata-rata presentase aktivitas belajar matematika pada Siklus I mencapai 54,54%. Setelah dilakukan tindakan pada Siklus II diperoleh rata-rata presentase aktivitas belajar matematika sebesar 79,24%. Terjadi peningkatan presentase aktivitas sebesar 24,7%. Hasil analisis tes hasil belajar pada Siklus I diperoleh rata-rata sebesar 80,73. Sebanyak 26 siswa tuntas (78,79%), sedangkan 7 siswa tidak tuntas (21,21%). Hasil analisis tes hasil belajar pada Siklus II diperoleh rata-rata sebesar 85,52. Sebanyak 24 siswa tuntas (82,76%), sedangkan 5 siswa tidak tuntas (17,24%). Dari hasil analisis data Siklus I dan Siklus II dapat dilihat bahwa aktivitas belajar matematika sudah mencapai target dan hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan.

Key Words: PBL, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar