Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pencegahan Agresivitas Remaja Di Yogyakarta

Oleh Zuhrul Nofaizin dan Arif Rahman

Abstrak

Tindakan agresif adalah tindakan yang dimaksudkan untuk melukai atau menyakiti orang lain baik secara fisik maupun psikis, perilaku dan tindakan ini jika tidak segera ditanggani maka akan menjadi permasalahan terus menerus yang bersifat masif, untuk itulah peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam pencegahan Agresivitas Remaja di SMA Muhammadiyah Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk mengetahui tentang perilaku agresivitas remaja di SMA Muhammadiyah Bantul, penulis mengunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data dengan wawancara secara mendalam. Studi kasus termasuk dalam penelitian analisis deskriptif, penelitian ini memusatkan diri secara intensif pada satu obyek tertentu yang mempelajari sebagai suatu kasus. Hasil penelitian menunjukkan tentang peran Guru Pendidikan Agama Islam, dalam melakukan Pencegahan Agresivitas Remaja di SMA Muhammadiyah bantul, dan didapatkan data yang mengungkapkan beberapa faktor yang sangat mempengaruhi berkaitan dengan terjadinya perilaku atau tindakan agresif siswa di lingkungan sekolah salah satunya: faktor keluarga, faktor lingkungan dan media sosial. Hal ini juga sangat diantisipasi oleh pihak sekolah dengan melakukan berbagai penanganan terhadap siswa dalam tiga tahap yaitu: bimbingan secara klasikal, penanaman nilai nilai keislaman dan internalisasi nilai nilai karakter, sehingga terlihatlah bagaimana sekolah yang bernuansa keislaman ini dalam menangani pencegahan tindakan agresivitas siswa.

Kata Kunci: Pencegahan Agresivitas Remaja; Peran Guru PAI