Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sudut Di SMP Muhammadiyah 1 Depok

Oleh Dandi Mifta Abdillah dan Dwi Astuti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dn mendeskripsikan proses pengembangan dan kualitas media pembelajaran atau bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL). Penelitian pengembangan ini mengadopsi model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Kualitas hasil pengembangan ditinjau dari beberapa subjek penelitian yaitu ahli materi, ahli media, dan peserta didik SMP Muhammaddiyah 1 Depok. Teknik pengumpulan data berupa pedoman wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan mendapatkan kategori baik dengan rata-rata 3,88 dengan masing-masing penilaian yaitu dari hasil respon peserta didik pada uji lapangan diperoleh kategori sangat baik dengan rata-rata 4,1, ahli materi diperoleh kategori baik dengan rata-rata 3,97, dan dari ahli media diperoleh kategori baik dengan rata-rata 3,58. Oleh karena itu, berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwamedia pembelajaran LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan materi sudut di SMP Muhmmadiyah 1 Depok layak digunakan oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran.

Kata Kunci : Media Pembelajaran LKPD Problem Based Learning Sudut ADDIE