PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KANDUNGAN ALKOHOL PADA KOSMETIK DAN PENETAPAN DENGAN KROMATOGRAFI GAS

Oleh: Farah Qisth Albab

Abstrak:

Persepsi merupakan tanggapan individu mengenai suatu hal yang dapat dipengaruhi oleh pengetahuan. Pengetahuan individu yang baik mengenai alkohol akan memiliki persepsi yang baik mengenai alkohol. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kandungan alkohol dan penetapan kadar alkohol pada kosmetik. Teknik observasional survey menggunakan kuesioner dilakukan untuk mengetahui persepsi masyarakat, sedangkan untuk penetapan kadar alkohol adalah non eksperimental menggunakan instrument GC-FID yang sebelumnya telah dilakukan uji kesesuaian sistem. Analisis hasil kuesioner dengan melakukan uji pearson correlation, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, deskripsi, distribusi frekuensi. Hasil uji diketahui bahwa dari 6 sampel yang digunakan 4 sampel kosmetik positif mengandung alkohol yang pada label kemasan terdapat tulisan free alcohol dengan range kadar dari 2,48 x10-4 % – 4,96 x10-3 %. Pengetahuan label halal mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap kandungan alkohol pada kosmetik. Kosmetik yang ada tulisan free alcohol pada kemasan belum tentu tidak mengandung alkohol.

Kata Kunci: alkohol pada kosmetik; halal; kosmetik; kadar; kromatografi gas.