Delegasi Tapak Suci UAD Raih Juara Dalam Kejurkab Sleman Tahun 2023

Delegasi atlet Tapak Suci (TS) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mewakili perguruan Tapak Suci dalam kompetisi KEJURKAB Dewasa Antar Perguruan Pencak Silat se-Kabupaten Sleman Tahun 2023. Kejuaraan ini digelar pada  4-5 Agustus 2023  di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

TS UAD telah melakukan persiapan kurang lebih 1 bulan untuk latihan teknik dan 2-3 bulan untuk latihan beban.

Kesulitan ketika pertandingan kemarin yang paling utama adalah penyesuaian dengan peraturan terbaru pertandingan, karena banyak sekali pelanggaran yang mungkin terjadi.

“Hal lain yang menjadi kesulitan kami adalah banyaknya miss komunikasi dalam proses pertandingan dari tim dan juga kurangnya kontrol kami terhadap emosi ketika sudah turun ke lapangan” ungkap humas Tapak Suci UAD saat diwawancarai melalui WhatsApp.

Selain itu mereka mengalami kendala perizinan terutama beberapa dosen yang tidak memberikan kebijakan ujian atau praktikum susulan.

Selain itu Tapak Suci sebagai salah satu organisasi otonom di lingkungan UAD melakukan upaya regenerasi untuk melanjutkan tradisi berprestasi adalah penjaringan mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa beasiswa persyarikatan Sains Seni dan Olahraga (SSO) dari tapak suci/pencak silat yang mana mahasiswa tersebut wajib mengikuti seluruh kegiatan yang ada di Tapak Suci UAD dan juga memiliki amanah untuk dapat selalu menyumbangkan prestasinya di UAD melalui Tapak Suci. Selain itu kami aktif melakukan branding sosial media sebagai usaha menarik minat mahasiswa UAD untuk bergabung ke Tapak Suci UAD.

Berikut merupakan atlet yang mendapatkan juara dalam kejuaraan ini:

  1. Muhammad Iqbal (PAI 2021, juara 3 kelas B putra)
  2. Reydiyansya S.Damopolii (Informatika 2022, juara 2 kelas D putra)
  3. Wulan Eka Sari (Ekonomi Pembangunan 2022, juara 1 kelas A putri)
  4. Rida Aprilia (Kesehatan Masyarakat 2022, juara 1 kelas B putri)
  5. Tira Oktavianda (PAI 2021, juara 1 kelas C putri)

Selain itu kontingen meraih pesilat terbaik putri dalam event tersebut atas nama Rida Aprilia.

Harapan dari kami tentu dari pimpinan kampus dan ortom yang ada di UAD selalu aktif bersinergi untuk menguatkan lagi strategi yang sekiranya mampu lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas mahasiswa UAD untuk bergabung ke dalam ortom UAD

Selanjutnya mereka sedang mempersiapkan untuk kejuaraan pencak silat nasional pada Agustus mendatang

 

Penulis: Ummu Fitrotin Nursholihah