Tim PPK Ormawa IMM Farmasi Melakukan Penerjunan di Kelurahan Hargotirto

Penerjunan tim PPK Ormawa IMM Farmasi UAD 2023 pada senin 03 Juli 2023 di kelurahan Hargotirto. Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) merupakan sebuah program yang berfokus pada pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh organisasi mahasiswa guna meningkatkan mutu organisasi kemahasiswaan yang diisi dengan pembelajaran di masyarakat sekaligus mempraktikan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.

Acara penerjunan tim PPK Ormawa IMM Farmasi UAD dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Gatot Sugiharto SH, MH, Kepala Bidang Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan dan Prestasi Mahasiswa Bimawa UAD, Danang Sukantar, M.Pd, Iis Suwartini, M.Pd. selaku ibu pembina dari 10 ormawa yang lolos pendanaan, Staff Biro Kemahasiswaan UAD dan Dosen.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Gatot Sugiharto, S.H., M.H., dalam sambutannya menjelaskan diharapkan mahasiswa bisa lebih serius dalam mengimplementasikan program-program dalam kelompok masing-masing.

“Pendampingan untuk kegiatan PPK Ormawa sudah sangat bagus sehingga pada saat menjalankan program PPK Ormawa ini agar selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan dosen pembimbing, pendamping di PKM Center dan Biro Kemahasiswaan dan Alumni apabila terdapat permasalahan apapun bisa disampaikan”, tambah Dr. Gatot Sugiharto, S.H., M.H.

Annisa Salsabila dari tim PPK Ormawa IMM Farmasi mengatakan, tim ppk ormawa IMM Farmasi terdiri dari tiga program studi yaitu farmasi, psikologi dan pendidikan matematika.

“Sebelum melakukan perencanaan, tim pelaksana melakukan observasi ke Hargotirto ditemukan permasalahan seperti sanitasi yang buruk, penyakit tidak menular yaitu diabetes, hipertensi dan masalah stunting. Kemudian tim membuat progam kerja untuk mengatasi permasalahan yang muncul,” ucap Annisa.

Annisa Salsabila menambahkan bahwa alasan memilih skema Desa Sehat karena disamping sebagai program lanjutan program PPK Ormawa pada tahun sebelumnya, permasalahan kesehatan di kelurahan Hargotirto masih cukup tinggi, seperti tingkat angka stunting yang tinggi. Penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes, kolesterol pada lansia yang tinggi dan permasalahan lingkungan seperti sanitasi yang belum teratasi.

“Harapan dengan adanya kegiatan PPK ormawa ini adalah semua program kerja dapat terlaksana dengan baik, terjaganya hubungan dengan mitra, peningkatan softskill baik dari tim pelaksana maupun ormawa”, tambah Annisa.

Reporter: Diksi Pradipta