10 Ormawa UAD Lolos Pendanaan PPK Ormawa 2023, Terbanyak Se-PTMA

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menjadi salah satu perguruan tinggi yang mendapatkan pendanaan terbanyak pada PPK Ormawa 2023. Hal ini diketahui dari pengumuman yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada Rabu (14/6/2023) melalui surat dengan Nomor 2379/E2/DT.01.01/2023 Tnetang Penerima Bantuan PPK Ormawa 2023.

Sebanyak 10 sub proposal yang diajukan oleh 10 organisasi mahasiswa di lingkungan UAD lolos pendanaan Program Penguatan Kapasitas (PPK) Organisasi Kemahasiswaan(Ormawa) 2023. Berikut daftar subproposal dan ormawa ULM yang menerima pendanaan PPK Ormawa 2023:

No ORMAWA Topik
HMPS Biologi Sekolah Perempuan
HMPS Fisika Sanggar Tari Muda
BEM Farmasi Kampung Konservasi Toga
GCC UAD Rumah Sampah Digital
IMM Farmasi Desa Sehat
UKM Pramuka Desa Cerdas
BEM FAST Kampung Iklim
HMPS Tekpang Desa Maritim
HMPS PGSD Desa Olahraga
IMM BPP Topik Bebas

Jumlah tersebut menjadikan UAD termasuk dalam peringkat 4 perguruan tinggi dengan pendanaan terbanyak pada PPK Ormawa 2023 bersamaan dengan Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Jenderal Soedirman, dan Universitas Dian Nuswantoro. Sementara itu Institut Pertanian Bogor dan Universitas Negeri Yogyakarta menempati peringkat pertama perguruan tinggi penerima pendanaan PPK Ormawa 2023 dengan masing-masing 13 subproposal.

PPK Ormawa merupakan program penguatan kapasitas organisasi kemahasiswaan melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh perguruan tinggi yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. PPK Ormawa juga merupakan wujud pelaksanaan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh organisasi kemahasiswa yang dalam pelaksanaannya diharapkan terus mengalami peningkatan, baik jumlah proposal, maupun jumlah organisasi kemahasiswan dan perguruan tinggi yang mengusulkan.

Reporter: Ummu Fitrotin