Andalan Awards 2023: UAD Alami Peningkatan Prestasi 3 Tahun Terakhir

(04/03) Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan acara Anugerah Kemahasiswaan Universitas Ahmad Dahlan (Andalan) Awards 2023. Bertempat di Amphitarium Kampus IV UAD dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube, acara ini memberikan apresiasi kepada seluruh sivitas akademika di lingkungan kampus UAD khususnya di bidang kemahasiswaan.

Dr. Gatot Sugiharto, S.H., M.H. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UAD, dalam sambutannya menyampaikan UAD mengalami kenaikan prestasi dari tahun ke tahun. Tercatat dalam data yang ia paparkan. Pada tahun 2020 UAD berhasil mencapai 340 prestasi, tahun 2021 mencapai 883 prestasi, dan tahun 2022 mengalami kenaikan pesat dalam jumlah prestasi mahasiswa tingkat nasional hingga mencapai angka 1266. Selain itu, pada pemberian anugerah oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), UAD menempati posisi ke-2 support system terbaik dalam capaian kinerja bidang kemahasiswaan tingkat nasional.

Hal inilah yang menurutnya kemudian mendorong Bimawa UAD untuk menggelar Andalan Awards, sebagai sebuah ajang penghormatan dan penghargaan kepada segenap insan yang telah berpartisipasi dalam memajukan UAD. Beberapa kategori penghargaan yang diberikan antara lain adalah pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat universitas, capaian prestasi mahasiswa bidang penalaran dan kreativitas kegiatan Kemendikbudristek, capaian prestasi mahasiswa bidang penalaran dan kreativitas kegiaran mandiri, capaian prestasi kegiatan organisasi mahasiswa dan organisasi otonom, tracer study berdasarkan response rate lulusan tahun 2021 serta kategori lainnya.

Selain itu, Gatot juga menyampaikan bahwa mahasiswa UAD: Pertama, harus punya karakter yang kompeten dalam memasuki dunia industri masa kini. Kedua, mereka juga harus mampu mengambil peran dalam kepemimpinan dunia industri dan pasar global, memiliki daya saing nasional dan internasional, serta memiliki integritas maupun intelektual.

“Sebagai contoh jika terdapat mahasiswa selama menjalani perkuliahan di UAD hanya mengikuti perkuliahan terstruktur saja di ruang kelas dan tidak mengikuti aktivitas yang lain, kemungkinan mahasiswa hanya sedikit yang didapatkan, karena ilmu yang didapatkan di ruang kelas itu tidak menjadikan ilmu kita semakin kuat, disebabkan tidak disertai dengan ilmu-ilmu yang lain,” papar Gatot.

Sementara itu, Gelaran Andalan Awards tahun ini bekerja sama dengan BRI, KB Bukopin Syariah dan Indosat Ooredoo Hutchison sebagai sponsor dalam gelaran Andalan Awards 2023. Annisa computer, Gigas production, PT. Global Prima Utama Reality, Kuncup Mekar, UD. Sri Mudo, Zaldi Gorden Dekorasi sebagai sponsor pendamping dalam gelaran Andalan Awards 2023. Acara ini juga turut dimeriahkan oleh penampilan Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Ahda Gitana.

Reporter: Diksi Pradipta

Editor: Annisa Maulida Ramadhani