PERAN HUMAS PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP VI YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENUMPANG KERETA API

Oleh: Rezkita Putri Ryad Isiw I

Abstrak:

Moda transportasi  di zam an sekarang  sudah banyak yang dapat diandalkan, berbagai m acam transportasi saat ini juga m enjadi barang yang sangat penting untuk m elakukan m obilita s dalam keseharian.  Di Indonesia  terdapat perusahaan kereta api m ilik badan usaha negara (BUM N) yaitu PT. Kereta Api Indonesia  (KAI) Persero. PT.  KAI  (Persero) m erupakan perusahaan yang  bergerak pada  bidang  jasa transportasi. Tujuan dari penelitian  ini adalah untuk m engetahui  apa saja kegiatan  hum as untuk m eningka tkan jum lah penum pa ng yang m engguna kan transportasi kereta api. Berdasarkan  penelitian  yang sudah dilakukan,  diperoleh  kesim pulan bahwa peran hum as  PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop VI  Y ogya karta adalah m enjalin hubunga n  kerja sam a  dengan m edia  partner dan  m engkontrol segala pem beritaan  selain itu hum as Kereta Api Indone sia (Persero)  Daop VI juga sering terliba t  dalam  kegiatan yang  dilakukan ole h  unit  lain  ata upun  kegiata n  yang dilakukan  oleh PT. KAI Pusat. H um as PT. KAI DAOP 6 m enilai seja uh ini dari berbagai m acam strategi yang dilakukan strategi pem asaran yang efektif adalah m elalui radio.

Kata Kunci: PT. KAI DAOP 6, Humas, Integrated Marketing Communication